Pecinta Drakor Wajib Banget Tau ! Platform Webtoon Semakin Menjelajah Ke Produksi Live Actionnya

Foto promosi untuk drama asli Tving, "Study Group"
Sumber :
  • www.koreantimes.com

Gaya Hidup, VIVA Banyuwangi – Penyiar dan platform streaming semakin banyak memproduksi drama TV yang diadaptasi dari novel web dan webtoon untuk mengatasi penurunan di pasar periklanan, kenaikan biaya produksi, dan menyusutnya pemirsa di industri konten.

Tahun lalu, beberapa drama yang diadaptasi dari novel web atau webtoon, termasuk "Lovely Runner" tvN, "Marry My Husband," "Jeongnyeon: The Star Is Born" dan "When the Phone Rings" MBC, terbukti sangat sukses. Adaptasi ini, sering disebut sebagai kekayaan intelektual super (IP), memanfaatkan reputasi dan basis penggemar materi asli yang mapan.

Tren mengadaptasi super IP ke dalam drama telah muncul sebagai strategi utama untuk televisi tradisional dan platform streaming, dengan rencana untuk melanjutkan pendekatan ini tahun ini.

"Study Group" karya Naver Webtoon akan diadaptasi menjadi drama orisinal Tving, sementara Netflix akan merilis "The Trauma Code: Heroes on Call," berdasarkan novel web Naver dan webtoon "Severe Trauma Center: Golden Hour." "Bunny and Her Boys" karya Kakao Webtoon akan diadaptasi ke dalam drama MBC "Crushology 101."

Yang patut dicatat adalah bahwa platform webtoon dan penyedia konten sekarang secara langsung terlibat dalam produksi, bergerak lebih dari sekadar menjual hak seperti yang mereka lakukan di masa lalu.

"Study Group" asli Tving, yang akan tayang perdana pada 23 Januari, bercerita tentang Yoon Ga-min (Hwang Min-hyun), seorang siswa di sekolah menengah kejuruan yang bermimpi menghadiri universitas empat tahun dan dipaksa untuk berjuang untuk fokus pada studinya.

Webtoon aslinya terus diserialkan sejak Januari 2019 dan bahkan setelah istirahat delapan bulan yang diperpanjang, ia secara konsisten menempati posisi ke-11 dalam peringkat seri Sabtu di Naver Webtoon. Adaptasi layar dipimpin oleh YLAB Plex, perusahaan produksi internal pemegang IP webtoon, YLAB.

Drama medis Netflix yang akan datang "The Trauma Code: Heroes on Call," yang dibintangi Ju Ji-hoon, berkisah tentang seorang ahli bedah trauma brilian yang bergabung dengan rumah sakit universitas yang sedang berjuang. Acara ini diproduksi oleh anak perusahaan Naver Webtoon, Studio N.

Acara ini diadaptasi dari novel web Naver yang populer "Trauma Center: Golden Hour," yang ditulis oleh seorang dokter yang berpraktik. Ini juga telah diserialkan sebagai webtoon. Dengan lebih dari 38 juta unduhan kumulatif, novel web menjadi hit besar dalam genre fantasi kontemporer dan versi webtoon diterima dengan baik. Baik novel web maupun webtoon tersedia secara eksklusif di Naver Series sejak 2019.

Tahun lalu, Kakao Entertainment, yang menikmati efek halo ketika drama berbasis novel webnya "Lovely Runner" menjadi hit besar, sekarang menjelajah ke produksi drama.

Drama baru MBC "Crushology 101," yang dijadwalkan untuk bulan April, didasarkan pada Kakao Webtoon "Bunny and Her Boys" dan diproduksi oleh pemegang IP webtoon, Kakao Entertainment.

Serial komedi romantis ini berpusat pada seorang wanita muda setelah patah hati pertamanya, menemukan dirinya dikelilingi oleh berbagai pria. Webtoon asli, yang mengumpulkan lebih dari 170 juta penayangan, mendapatkan popularitas luar biasa tidak hanya di Korea tetapi juga di Jepang, Cina, Taiwan, dan Thailand.

Dengan basis penggemar yang kuat dan daya tarik cerita yang terbukti, IP ini dipandang sebagai aset berharga, mendorong perusahaan induk IP untuk mengambil peran yang lebih aktif dalam produksi dan berbagi potensi keuntungan dari adaptasi yang sukses seiring berkembangnya pasar konten.

Setelah sebelumnya menunjukkan kemampuan produksinya dalam serial "The Worst of Evil" Disney+ dan "Gyeongseong Creature" Netflix, Kakao Entertainment sekarang memanfaatkan pengetahuan produksi internalnya di seluruh anak perusahaannya untuk mengembangkan drama baru.

"Kami memiliki pemahaman terbaik tentang IP kami, yang memungkinkan kami untuk secara efektif mengembangkannya ke berbagai format konten. Kesuksesan kami baru-baru ini seperti 'When the Phone Rings,' 'Business Proposal' dan 'Not Others' telah menarik penggemar lama dan audiens baru," kata seorang pejabat Kakao Entertainment.