Fans Kpop Wajib Tau ! Idola Virtual Akan Mengambil Alih Panggung K-pop Tahun Ini

Konsep album baru grup idola virtual PLAVE “Caligo Pt.1
Sumber :
  • www.koreantimes.com

Kpop, VIVA Banyuwangi –“Idola virtual” adalah salah satu sorotan utama dalam dunia K-pop tahun lalu. Mengikuti arus, mereka akan melanjutkan karier mereka, sementara lebih banyak idola virtual dijadwalkan untuk debut, bersiap untuk bersaing dengan artis di dunia nyata. 

PLAVE, grup beranggotakan lima orang yang dianggap sebagai grup virtual pertama yang berhasil melakukan debut, akan merilis mini album ketiganya “Caligo Pt.1” pada 3 Februari, sekitar lima bulan setelah single digital “Pump Up The Volume!” yang dirilis pada bulan Agustus lalu. 

Grup ini telah membagikan teaser dan foto konsep untuk album mendatang sejak awal bulan ini, untuk mempersiapkan perilisannya. 

“(Grup) meningkatkan antisipasi untuk album baru dengan visual dan konsep yang matang, yang merupakan kebalikan dari pesona ceria dan energik yang ditunjukkan dengan single sebelumnya,” kata agensi grup, VLAST, dalam sebuah pengumuman. 

Sebelum perilisan, grup ini bekerja sama dengan jaringan bioskop CGV untuk promosi khusus, dengan menawarkan poster di sekitar 25 bioskop CGV di seluruh negeri. Beberapa bioskop akan menayangkan klip dari video musik album baru ini. 

Grup yang memulai debutnya pada tahun 2023 dengan lagu “Wait for You” ini telah memicu ledakan dalam tren idola virtual dan mencetak banyak hits dengan lagu-lagunya. Ketujuh lagu yang dirilis pada tahun debutnya berhasil masuk ke dalam tangga lagu Melon, dan grup ini telah menjual lebih dari 200.000 kopi dari mini album pertamanya “ASTERUM: The Shape of Things to Come” dalam minggu pertama perilisannya, dan menjadi idol grup virtual pertama yang berhasil mencapai pencapaian tersebut. 

Single sebelumnya “Pump Up The Volume!” memuncaki HOT100, TOP100 Melon pada hari perilisannya dan meraih penghargaan tertinggi dalam sebuah acara musik. 

Isegye Idol, grup proyek yang dibuat oleh YouTuber Woowakgood, juga dijadwalkan untuk merilis single keempatnya tahun ini. Sejak memulai debutnya pada tahun 2021 dengan single “RE: WIND,” grup ini telah membangun basis penggemar yang kuat melalui perilisan lagu dan berbagai kolaborasi dengan Kakao untuk sebuah webtoon yang didasarkan pada grup ini. 

Grup beranggotakan enam orang ini mengadakan pop-up store pertamanya pada bulan Februari lalu selama dua minggu di The Hyundai Seoul di Yeouido. Hyundai Department Store mengungkapkan bahwa pop-up grup ini menghasilkan pendapatan tertinggi dari semua toko pop-up yang dibuka di sana pada tahun 2024, mengumpulkan 3,8 miliar won ($ 2,65 juta). 

Artis virtual pertama SM, naevis, juga akan melanjutkan aksinya sejak melakukan debut resminya di bulan September dengan single “Done”. Dia baru-baru ini meluncurkan lagu terbarunya yang akan datang, “Sensitive,” yang akan ditampilkan dalam konser ulang tahun ke-30 SM, “SMTOWN LIVE 2025,” yang akan diadakan di Gocheok Sky Dome di Distrik Guro, Seoul barat daya, pada tanggal 11 dan 12 Januari.

Artis virtual baru akan memulai debut mereka, bergabung dalam kompetisi ini. 

Boy group SKINZ, yang dibentuk oleh Bridge Entertainment, akan memulai debutnya dengan sebuah album tahun ini. Grup beranggotakan tujuh orang ini telah merilis teaser bulan lalu dalam acara penghargaan musik akhir tahun SBS, SBS Gayo Daejeon, membangun antisipasi untuk album debutnya yang diproduseri oleh produser ternama EL CAPITXN. 

Agensi Isegye Idol, Parable Entertainment, juga sedang mengerjakan IRISE, sebuah grup virtual lain yang akan diluncurkan bulan depan. 

Proyek idola virtual dari penerbit video game Jepang, Bandai Namco Entertainment, Den-On-Bu, juga berencana untuk hadir di Korea setelah menandatangani kesepakatan waralaba dengan perusahaan hiburan lokal.