Mengungkap Realitas Sosial: 5 Drakor yang Menyentil Isu Kesenjangan Sosial di Korea Selatan

Drakor Sky Castle
Sumber :
  • IMDb

Gaya Hidup, VIVA Banyuwangi – Di balik gemerlapnya industri hiburan, Korea Selatan menyimpan berbagai permasalahan sosial yang kompleks, salah satunya adalah kesenjangan sosial. Drama Korea tidak hanya menyajikan kisah cinta dan komedi, tetapi juga berani mengangkat isu kesenjangan sosial dan dampaknya pada kehidupan masyarakat. Drakor ini menawarkan gambaran realistis tentang perbedaan kelas, diskriminasi, dan perjuangan individu dalam menghadapi ketidakadilan sosial.

Berikut 5 rekomendasi drakor yang menyentil isu kesenjangan sosial di Korea Selatan:

1. Sky Castle (2018)

Drama ini mengisahkan tentang kehidupan para keluarga kaya yang tinggal di kompleks elit Sky Castle. Mereka bersaing untuk memastikan anak-anak mereka masuk ke universitas ternama, menggunakan segala cara, bahkan jika harus mengorbankan moral dan etika. "Sky Castle" mengungkap obsesi terhadap pendidikan dan status sosial yang mencerminkan kesenjangan sosial di Korea Selatan.

2. Itaewon Class (2020)

Park Sae Ro Yi (Park Seo Joon) adalah seorang mantan narapidana yang mendirikan sebuah restoran di Itaewon. Ia mempekerjakan orang-orang dari berbagai latar belakang, termasuk mantan narapidana, transgender, dan orang asing. "Itaewon Class" menampilkan perjuangan melawan diskriminasi dan prasangka serta menunjukkan bagaimana kesenjangan sosial dapat mempengaruhi kesempatan dan keadilan bagi individu.

3. Misaeng: Incomplete Life (2014)