Alun-Alun Kota Lumajang Masih Terlihat Kumuh dan PKL Belum Tertib

Tim DLH
Sumber :
  • Achmad Fuad Afdlol/viva banyuwangi

Lumajang, VIVA Banyuwangi –Pemandangan tidak sedap tampak pada kondisi Alun-Alun di Kota Lumajang, terkesan kumuh dan tidak sehat.

Menurut Achmad Abdul Mujahid, pengunjung Alun-Alun Kota Lumajang dari Kelurahan Tompokersan, mengatakan kalau kesan negatif tampak di area seputaran Alun-Alun Kota Lumajang ini.

"Sampah masih banyak yang belum diangkut oleh petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang, padahal ini sudah ramai-ramainya pengunjung," ujarnya pada Banyuwangi.viva.co.id, Minggu 19 Mei 2024.

Selain itu, kata Achmad, ada beberapa fasilitas di dalam Alun-Alun yang kurang terawat dengan baik atau memang sengaja tidak dirawat, seperti lampu hias kini hanya tinggal temboknya saja, atau tempat sampah yang tutupnya sudah rusak.

"Alun-Alun ini adalah pusat keramaian kota sejak jaman dulu, jadi seyogyanya bisa dirawat dengan baik dan diatur sedemikian rupa, seperti PKL, masih saja berjualan di dalam area Alun-Alun, itu menambah kesan kumuh," bebernya lagi.

Achmad berharap, petugas dari Satpol PP Kabupaten Lumajang bisa menghimbau kepada PKL untuk tidak berjualan di dalam area Alun-Alun Kota Lumajang, sebab sudah ada tempat yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang.

"Kalau bisa Satpol PP juga memberikan himbauan kepada pengunjung Alun-Alun untuk bisa membuang sampah pada tempatnya, agar terlihat lebih bersih lagi," harapnya.