Danlanal Banyuwangi Dikukuhkan Menjadi Sang Pejuang Penguasa Samudera oleh Masyarakat Mandar

Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz
Sumber :
  • Dok. Lanal Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Dalam sebuah upacara adat di Museum Mini Kampung Mandar Kabupaten Banyuwangi, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz, resmi dikukuhkan sebagai warga kehormatan Suku Mandar.

Prosesi adat yang dipimpin oleh Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Banyuwangi, H. Nurmansyah, memberikan gelar kebangsawanan "Daeng Sasiq" atau "Sang Pejuang Penguasa Samudera" kepada Danlanal Banyuwangi, Sabtu, 24 Agustus 2024.

Gelar kebangsawanan ini merupakan bentuk penghargaan atas jasa dan kontribusi Danlanal Banyuwangi dalam menjaga keamanan maritim dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat Mandar. Hal ini juga menjadi simbol pengakuan atas kepemimpinan dan dedikasinya dalam membangun Banyuwangi.

Dalam sambutannya, Danlanal Banyuwangi menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

Beliau menegaskan bahwa gelar kebangsawanan ini merupakan amanah besar yang akan dijaga dengan sebaik-baiknya.

Danlanal juga berkomitmen untuk meningkatkan silaturahmi, saling membantu, dan mencari solusi bersama dengan masyarakat Mandar.

"Menjadi kebanggaan kami kepada masyarakat Mandar yang masih menjaga dan melestarikan adat, tradisi dan budaya", ungkap Danlanal.