Kantor Bakamla Segera Berdiri di Banyuwangi, ada apa?

Kantor Bakamla Segera Berdiri di Banyuwangi
Sumber :
  • Dok. Pemkab Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi –Memperkuat pengamanan wilayah perairan Banyuwangi, Kantor Bakamla RI (Badan Keamanan Laut) akan segera didirikan di Kabupaten Banyuwangi.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Tengah, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Teguh Prasetya, saat bertemu Plt. Bupati Banyuwangi, Sugirah, di Banyuwangi, Senin 21 Oktober 2024. Turut mendampingi Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz.

“Secepatnya kita akan bangun kantor Bakamla di Banyuwangi,” kata Laksma Teguh.

Menurut Laksma Teguh, lokasi Banyuwangi cukup strategis karena berbatasan langsung dengan Selat Bali yang merupakan jalur penyeberangan cukup padat. Ini berpotensi menimbulkan pelanggaran laut.

“Bakamla membuka kantor di sini untuk mendukung pengamanan dan penyelamatan perairan Banyuwangi. Yang jelas ini juga bagian dari mendukung pariwisata Banyuwangi yang sudah pesat perkembangannya,” tegas Laksma Teguh.  

Sementara itu, Plt. Bupati Sugirah mengatakan pendirian kantor Bakamla di Banyuwangi akan memperkuat pengamanan di Banyuwangi, terutama di wilayah laut.

Sugirah menjelaskan terkait pendirian kantor Bakamla di Banyuwangi, pemkab siap mendukung untuk penyediaan lahannya. Tim tengah membahas masalah ini.

"Pemkab sudah melakukan pembahasan terkait lahan yang akan dihibahkan kepada Bakamla untuk pembangunan kantor di Banyuwangi,” kata Sugirah.

Sembari menunggu proses penyiapan lahan tersebut, pemkab juga akan menyiapkan gedung yang bisa dipinjampakaikan. Harapannya kantor Bakamla bisa segera beroperasi dalam waktu dekat.

“Pembangunan kantor baru kan prosesnya panjang dan butuh waktu lama. Maka sementara bisa menggunakan aset gedung milik pemkab yang sudah ada,” ujarnya.