Situbondo: Bukan Cuma Pantai Pasir Putih, Ini Julukan Lain yang Bikin Kamu Makin Penasaran!

Objek wisata Pasir Putih Situbondo
Sumber :
  • Istimewa/ VIVA Banyuwangi

Wisata, VIVA Banyuwangi – Halo, VIVAnians! Kali ini kita akan menjelajahi Situbondo, kabupaten yang ada di ujung timur Pulau Jawa. Selain terkenal dengan pantainya yang indah, ternyata Situbondo punya banyak julukan menarik, lho. Mau tahu apa saja? Yuk, kita simak bareng-bareng!

1. Kota Santri: Pusat Pendidikan Agama yang Kental

Siapa sangka, Situbondo punya julukan "Kota Santri". Julukan ini bukan tanpa alasan, ya. Di Situbondo, terdapat banyak pondok pesantren yang tersebar di berbagai daerah. Pesantren-pesantren ini menjadi tempat menimba ilmu agama bagi masyarakat Situbondo dan sekitarnya. Nggak heran kalau Situbondo jadi pusat pendidikan agama yang cukup berpengaruh di Jawa Timur.

2. Kota Surga Burung: Habitat Beragam Jenis Burung

Nah, buat kamu pecinta burung, Situbondo juga punya julukan yang bikin penasaran, yaitu "Kota Surga Burung". Di Situbondo, ada sebuah kawasan bernama Taman Nasional Baluran yang jadi habitat berbagai jenis burung. Mulai dari burung blekok sawah yang lucu, sampai burung-burung langka yang dilindungi, seperti kuntul kecil dan bangau tongtong, semuanya ada di sini. Buat kamu yang hobi mengamati burung, Taman Nasional Baluran wajib banget masuk daftar kunjunganmu!

3. Africa van Java: Suasana Savana yang Eksotis

Situbondo juga punya julukan unik lainnya, yaitu "Afrikaanse van Java" atau "Afrika-nya Jawa". Julukan ini disematkan karena Situbondo punya kawasan savana yang mirip banget sama savana di Afrika. Kawasan savana ini ada di Taman Nasional Baluran, tempat yang sama dengan habitat burung-burung tadi. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan padang rumput yang luas dengan pepohonan khas savana, seperti akasia dan pohon lontar. Serasa lagi di Afrika beneran, deh!