10 Tokoh Wayang Golek Legendaris Tatar Pasundan

10 Tokoh Wayang Golek Legendaris Tatar Pasundan
Sumber :
  • universitas pasundan

Budaya, VIVA Banyuwangi –  Wayang golek merupakan bagian tak terpisahkan dari sejarah dan budaya tanah Sunda. Sejak zaman dahulu, digunakan untuk berbagai tujuan, dari hiburan hingga penyebaran ajaran.

5 Kebudayaan Jawa Sambut Ramadhan yang Diwariskan Turun-menurun

Meskipun kini kurang dilirik akibat modernisasi, budaya ini tetap eksis. Setiap tokoh dalam cerita wayang golek memiliki ciri khas dan sifat yang mendukung kelancaran cerita. Berikut beberapa tokoh yang khas dengan sifat masing-masing.

1. Hanoman

wayang golek hanoman

Photo :
  • pbase.com
Motif Batik Tujuh Rupa Khas Pekalongan, Kawinan Budaya Indonesia dan China

Hanoman atau yang bernama lengkap Anoman Perbanca Suta merupakan sosok kera berbulu putih putra dari Batara Bayu dan Anjani.

Hanoman dikisahkan memiliki umur yang sangat panjang karena bertugas menyimpan sukma Rahwana di dalam cupunya.

Jenis-Jenis Wayang Terpopuler Di Indonesia

Hanoman dikenal memiliki kekuatan yang sakti mandra guna dengan berbagai ajian yang dimilikinya ia bisa dengan mudah kebal dari serangan musuh bahkan di kisahkan bisa mengangkat gunung.


2. Aswatama

Wayang Golek Aswatama

Photo :
  • facebook

Aswatama merupana putera dari Resi Drona yang merupakan guru dari Pandawa dan Kurawa.

Dalam kisahnya Aswatama dikisahkan memiliki perawakan yang gagah dan tinggi dengan wajah tampan, kulit gelap dengan mata hitam. Ia merupakan anak tunggal dan menjadi anak kesayangan Resi Drona. 

3. Arjuna

wayang golek arjuna

Photo :
  • pinterest

Arjuna merupakan salah satu tokoh pewayangan paling populer, dikisahkan memiliki wajah rupawan dengan badan yang gagah dan kuat. Ia merupakan putra ke tiga dari Pandu dan Dewi Kunti.

Arjuna memiliki senjata pamungkas yang membuatnya semakin kuat diantaranya keris pancaroba, ali-ali ampal dan panah pasopati. Arjuna juga dikisahkan memiliki putra bernama Abimanyu. 

4. Gatot Kaca

wayang golek gatot kaca

Photo :
  • DIB

Gatotkaca merupakan putra dari Arya Bima yang berasal dari keluarga pandawa dan Arimbi.

Gatotkaca dikisahkan memiliki kekuatan yang sangat luar biasa ia diceritakan mampu terbang dan memiliki kekuatan yang mampu diibaratkan seperti otot kawat tulang besi dengan segala ajian saktinya seperti brajamusti, krincing wesi, bajingiring, garuda ngapak dan sebagainya.

5. Bambang Kaca

Bambang Kaca

Photo :
  • bimaputera

Bambang kaca merupana putera dari Gatot Kaca, ia bertugaa sebagai benteng pertahanan utama dari kerajaan Astina pada zaman dimana Prakesit yang merupakan cucu dari Arjuna menjabat sebagai raja.

Dalam kisahnya Bambang kaca mengenakan pakaian antakusuma milik ayahnya dan di ceritakan memiliki suara dan wibawa yang begitu serupa dengan sang ayah.

6. Dewi Drupadi

wayang golek Dewi Drupadi

Photo :
  • facebook

Dewi Drupadi merupakan puteri dari Prabu Yudishtira, dikisahkan sebagai sosok perempuan yang cantik, anggung, bijaksana, sabar dan sangat patuh pada sang suami.

Ia memiliki satu putera yang diberi nama Pancawala.

7. Gareng

wayang golek gareng

Photo :
  • instagram

Gareng merupakan salah satu tokoh pewayangan panakawan atau yang biasa dibuat sebagai tokoh yang mampu mencairak suasana dan menebaran tawa dalam cerita. Gareng merupakan anak bungsu dari pasangan Semar Badranaya dan Sutiragen.

8. Semar

wayang golek semar

Photo :
  • youtube

Dalam kisahnya semar atau yang bernama lengkap Semar Bandranaya ini merupakan jelmaan dewa Batara Ismaya. Ia beristerikan Sutiragen yang merupakan puteri raja di kerajaan Sekarnumbe. Semar Memiliki tiga anak yaitu Cepot, Dawala dan Gareng.

9. Cepot

wayang golek cepot

Photo :
  • youube

Cepot juga menjadi salah satu tokoh pewayangan golek paling populer di tanah sunda, sifatnya yang humoris dan kadang sedikit menyebalkan selalu mampu membuat suasana cerita yang sedang tegang menjadi lebih cair dan penuh tawa. Cepot atau yang bernama asli Sastra Jingga ini merupakan anak pertama dari pasangan Semar dan Sutiragen.

10. Dawala

wayang golek dawala

Photo :
  • instagream

Dawala merupakan merupakan anak kedua dari pasangan Semar dan Sutiragen dan menjadi salah satu tokoh panakawan, dalam kisahnya diceritakan bahwa Dawala selalu suka mengikuti ke mana pun Cepot sang kakak pergi.