Pentingnya Membangun Personal Branding di Dunia Profesional
- www.marketeers.com
Gaya Hidup, VIVA Banyuwangi –Personal branding adalah salah satu strategi yang sangat penting untuk membangun citra diri pada seseorang, brand atau produk bisnis lainnya agar mudah dikenal di khalayak umum, serta lebih mudah untuk meraih kesuksesan dalam bisnis maupun karier. Personal branding sangat penting untuk diterapkan pada setiap individu jika ingin terjun di dunia professional, karena ketika seseorang membranding dirinya maka akan menunjukkan suatu nilai, karakter serta kelebihan yang dimilikinya.
Menunjukkan kesan yang baik serta positif di dunia professional akan memudahkan untuk menjalankan karier lebih cemerlang serta menambah relasi dan circle lebih luas lagi. Jadi bisa dikatakan personal branding merupakan suatu konsep yang dibentuk untuk melihat persepsi orang terhadap diri seseorang secara professional.
Personal branding saat penting diera digital saat ini, dengan ketersediaan, kemajuan teknologi media daring maka setiap individu mempunyai kesempatan lebih besar dalam membangun citra diri. Personal branding bukan hanya sekedar memamerkan diri di sosial media, namun untuk menunjukkan suatu karakter kita. Konsep penting personal branding utamanya adalah terletak pada kemampuan diri untuk berbeda dengan orang lain, karena saat ini di dunia professional semakin kompetitif, maka setiap individu harus memiliki value yang unik, menarik, keahlian yang mumpuni serta komunikasi yang baik.
Dalam upaya membangun personal branding tentunya harus membutuhkan pemahan yang mendalam dalam diri sendiri, mengenali diri sendiri secara keseluruhan. Baik sisi positif maupun negatifnya. Jika banyak hal negative yang ada pada diri kita, tentunya ini dapat menjadi acuan agar kita menjadi pribadi yang lebih baik, unik, dan lebih positif secara keseluruhan.
Kunci utama dalam membangun personal branding adalah konsistensi yang sangat kuat. Konsistensi dalam membangun hal-hal, nilai, karakter yang baik. Setiap tindakan yang kita lakukan harus disertai dengan konsistensi citra diri yang ingin diproyeksikan di khalayak umum. Mulai dari postingan media sosial sampai interaksi langsung, namun harus seimbang serta selaras dengan konsep, nilai dan karakter yang ingin disampaikan.
Selain konsistensi, salah satu factor suksesnya personal branding adalah manajemen reputasi. Harus dipastikan apa yang sudah kita proyeksikan kepada orang lain sesuai dengan yang ingin dibangun. Kondisi ini tentunya mengimplikasikan serta merespons umpan balik dari orang secara bijak. Nah, di era digital ini tentunya mudah dicari untuk mengetahui personal branding diri seseorang. Bisa memlaui berbagai media sosial milik pribadinya masing-masing.
Maka, kita harus menjaga sosial media dengan selektif dalam berkomentar, postingan, foto agar sesuai dengan citra diri yang kita bangun. Selain itu, dalam membangun jejaring yang kuat harus adalah satu bagian dari personal branding. Dengan membangun relasi, serta koneksi dengan orang-orang yang berpengaruh dapat membantu menaikkan reputasi serta visibilitas.