Semangat Pulihkan Ekosistem Laut, David Hidayat Hidupkan Gerakan Konservasi di Pesisir Selatan

David Hidayat, lakukan konservasi laut dari kampung halaman
Sumber :
  • Dok. David Hidayat / VIVA Banyuwangi

Pesisir Selatan, VIVA Banyuwangi – David Hidayat merupakan pemuda asal Sungai Pinang, Pesisir Selatan, Sumatra Barat, yang berhasil mendapatkan penghargaan SATU Indonesia Awards 2022 di bidang lingkungan.

Lomba Kicau Mania Lestarikan Lingkungan Hidup

Penghargaan dari Astra ini ia peroleh berkat ketekunannya dalam menghidupkan konservasi dan pemberdayaan masyarakat di kampungnya untuk memulihkan ekosistem laut.

Berbekal dari kecintaannya terhadap laut dan kampung halaman, David Hidayat atau yang lebih dikenal sebagai David Andespin memutuskan kembali ke kampung halamannya usai menamatkan kuliah di salah satu universitas swasta di Kota Padang.

Ke Bangsring Underwater Banyuwangi, Menko PMK: ini Contoh Desa Wisata Inovatif

David Hidayat menyadari banyak kerusakan yang terjadi pada ekosistem laut di kampung halamannya. Mulai dari permasalahan sampah plastik, rusaknya hutan mangrove, abrasi, terumbu karang yang memutih hingga berkurangnya penghasilan masyarakat sekitar.

Berdasarkan alasan tersebut, pemuda yang kini berusia 35 tahun itu memilih jalur konservasi untuk melestarikan laut serta kawasan pantai Pesisir Selatan, dimulai dengan kampung halamannya sendiri di Sungai Pinang.

Geopark Ijen Dorong Penambahan Pendapatan Daerah untuk Banyuwangi

“Awal mula saya memutuskan membuat program di desa Nagari Sungai Pinang itu sebenarnya Cuma modal nekat saja,” kata David kepada Banyuwangi.viva.co.id pada Sabtu, 4 November 2023.

Upaya David ini dimulai dengan mendirikan sebuah komunitas ANDESPIN Deep West Sumatra pada 2014. ANDESPIN merupakan singkatan dari Anak Desa Sungai Pinang, yang mana melibatkan pemuda dan masyarakat sekitar dalam kegiatannya.

Halaman Selanjutnya
img_title