Teman Usaha Rakyat hingga Gratis Ongkir jadi Jurus Diskopumdag Dorong Kewirausahaan

Stan Teman Usaha Rakyat di Festival De Djawatan
Sumber :
  • Istimewa

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskopumdag) Banyuwangi mendorong masyarakat untuk berwirausaha melalui program penumbuhan kewirausahaan. 

Upaya Pandai Besi Banyuwangi Bersaing dengan Produk Pabrikan, Jaga Kualitas Dikirim Luar Kota

Masyarakat dapat mengajukan diri ke pihak desa untuk kemudian mengusulkan program pelatihan melalui musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrengbangdes) yang selanjutnya diakomodir oleh Diskopumdag.

Kewirausahaan yang mendapatkan pelatihan biasanya bersifat dibutuhkan masyarakat, di antaranya sektor makanan ringan, kerajinan, batik, sablon, kaos dan banyak lainnya. 

Melihat Sentra Produksi Ribuan Lontong Industri Rumahan Warga Desa Banyuwangi

Selanjutnya, usaha-usaha baru yang telah tumbuh disiapkan untuk mendapatkan pendampingan agar terus berkembang melalui program peningkatan wirausaha yaitu Teman Usaha Rakyat yang tersebar di seluruh kecamatan se-Banyuwangi. 

"Teman Usaha Rakyat didedikasikan khusus oleh pemerintah untuk mendampingi usaha mikro," kata Staf Bidang Usaha Mikro Diskopumdag Mohamad Soleh Kurniawan. 

Peternak Gagal Untung: Harga Kambing di Banyuwangi Anjlok Jelang Idul Adha

Para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bahkan disebutnya dapat berkonsultasi secara gratis dan dua arah. 

Teman Usaha Rakyat juga akan membantu tahapan yang harus dijalani para pengusaha baru, di antaranya soal kepengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB), kemudian pengecekan produk UMKM yang dilanjutkan dengan pengurusan sertifikasi. 

Halaman Selanjutnya
img_title