BMKG Informasikan Ke Petugas pencarian ABK Kapal Mekar Jaya, Antisipasi Gelombang Tinggi

Tim Rescue Gabungan saat melakukan pencarian ABK Kapal Mekar Jaya
Sumber :
  • Moh. Hasbi/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi,VIVA Banyuwangi - Pencarian 3 orang ABK Kapal Mekar Jaya sempat dihentikan,  pagi ini tim sar gabungan melanjutkan pencarian ABK yang belum diketemukan.

BMKG Banyuwangi: Waspada Cuaca Ekstrim dan Gelombang Tinggi

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG), menginformasikan gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan selatan Banyuwangi dalam tiga hari kedepan.

Prakirawan BMKG Banyuwangi, Dita Purnamasari mengatakan, gelombang tinggi di perairan selatan Banyuwangi diperkirakan mencapai 3 sampai 3,5 meter pada 6-8 September 2023.

Dihantam Gelombang Pasang, Dua Perahu Nelayan Terbalik di Banyuwangi

"Potensi gelombang 3 hingga 3,5 meter di perairan selatan Banyuwangi ini masuk kategori tinggi. Jadi harus diwaspadai," ucap Dita Kamis (07/09/2023).

Potensi gelombang tinggi di perairan selatan Banyuwangi, kata Dita, dipengaruhi oleh tekanan rendah di laut serta dampak dari fenomena pasca fase bulan purnama.

BMKG Juanda Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan Depan

BMKG juga meminta agar mewaspadai potensi peningkatan kecepatan angin. Sebab, kecepatan angin di perairan tersebut diperkirakan mencapai 36 kilometer per jam. 

"Kami mengimbau kepada seluruh nelayan dan masyakakat yang beraktivitas di perairan selatan Banyuwangi agar lebih berhati-hati dan mewaspadainya," pinta Dita.

Halaman Selanjutnya
img_title