Smart Parenting : Kita Harus Memahami Anak, Bukan Anak Yang Harus Memahami Kita

Suasana Saat Smart Parenting SMPN 01 Lumajang
Sumber :
  • Achmad Fuad Afdlol/viva banyuwangi

Lumajang, VIVA Banyuwangi - Children See, Children Do. Apa yang kita lakukan pasti akan ditirukan oleh anak kita. Dan yang harus memahami anak itu kita, bukan anak yang harus memahami kita. Penting banget kegiatan Smart Parenting ini, untuk mengingatkan orang tua bagaimana cara mengasuh anak.

Isu Kades Grobogan Digerebek, Warga Ngeluruk Ke Kantor Kecamatan

“Luar biasa smart parenting di SMPN 01 Lumajang ini. Dari awal sampai akhir, sejumlah undangan wali murid banyak yang menangis. Mereka sadar, selama ini orang tua yang karepe dewe. Saya juga tidak bisa berhenti menangis,” kata Rochimawati, seorang wali murid SMPN 01 Lumajang kepada banyuwangi.viv.co.id, Sabtu (16/9/2023) siang tadi.

Sebenarnya, kata Rochimawati, jika orang tua melakukan hal yang tidak benar, anaknya sudah pasti mengikuti, baik secara langsung atau tidak langsung.

Kasat Narkoba dan Kasat Binmas, Diganti Untuk Penyegaran

Smart Parenting ini dapat diartikan sebagai keseluruhan yang dapat orang tua lakukan, hal baik yang besar dan kecil, hari demi hari, yang dapat menciptakan keseimbangan lebih sehat dalam rumah tangga dan hubungan dengan anak.

Hal ini diungkapkan Psikolog Geofira, Riza Wahyuni, sebagai narasumber smart parenting SMPN 01 Lumajang kali ini, bertempat di salah satu gedung serbaguna Graha Surya Mahameru Lumajang.

HCCM Kabupaten Lumajang Kebut Pendampingan Sertifikat Halal Kepada Pelaku Usaha

Menurut Riza, tindakan orang tua harus menekankan pentingnya perasaan dan membantu anak-anak mengatasi rangkaian emosi dengan pengendalian diri.

“Anak-anak membutuhkan keterampilan untuk tumbuh dalam lingkungan positif penuh perhatian dan kaya akan peluang,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title