Hari Tanpa Bayangan, BMKG: Banyuwangi Tanggal 14 Oktober

Praktek teori hari tanpa bayangan
Sumber :
  • Dok. VIVA

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Jawa Timur untuk bersiap-siap menghadapi fenomena hari tanpa bayangan yang diperkirakan akan berlangsung pada 11-14 Oktober 2023.

BMKG Banyuwangi: Waspada Cuaca Ekstrim dan Gelombang Tinggi

BMKG mengurai bahwa fenomena tersebut biasa dinamakan sebagai kulminasi utama, yang terjadi ketika matahari berada di posisi paling tinggi di langit, di saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat. 

Saat kulminasi utama terjadi, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di bisa disebut titik zenit, yang mengakibatkan bayangan benda tegak akan tampak menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri, sehingga hari kulminasi utama disebut juga sebagai hari tanpa bayangan.

BMKG Juanda Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan Depan

“Jika merujuk dari rilis data BMKG, fenomena hari tanpa bayangan atau waktu kulminasi utama akan bisa dirasakan warga Banyuwangi pada tanggal, 14 Oktober 2023, pukul 11.08.39 WIB,” terang Prakirawan BMKG Kelas III Banyuwangi Rezky P. Hartiwi kepada Banyuwangi.viva.co.id.

Di waktu tersebut, posisi matahari akan tepat berada di atas kepala, namun Rezky mengatakan bahwa hal tersebut tak banyak berpengaruh, melainkan cuaca hanya akan menjadi lebih panas dari biasanya. 

Gelombang Tinggi di Kawasan Perairan Situbondo, Nelayan Dihimbau Untuk Tidak Melaut

“Tidak banyak pengaruh pada saat fenomena hari tanpa bayangan terjadi dan secara garis besar fenomena kulminasi utama matahari atau hari tanpa bayangan ini tidak berbahaya," jelasnya. 

Namun demikian, masyarakat juga perlu mengantisipasi hal yang dapat terjadi saat menghadapi cuaca panas, di antaranya dehidrasi, sakit kepala sebelah, panas dalam, dan demam, dilansir dari situs Kementerian Kesehatan RI. 

Halaman Selanjutnya
img_title