Event Festival Kebangsaan Tahun 2023 Kembali Digelar

Ritual Selametan Bumi Tradisi Warga Mandar Kembali digelar
Sumber :
  • Moh. Hasbi/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi - kegiatan budaya adat tradisi "Selametan Bumi" warga Masyarakat Mandar, seluruh rangkaian kegiatan yang dikemas Festival Kebangsaan" rencananya acara akan digelar dan berlangsung selama empat hari ke depan dimulai 16 -19 November 2023.

Diguyur Hujan, Masyarakat Banyuwangi Tumpah Ruah Nobar Indonesia vs Irak

Pelaksanaan rangkaian kegiatan yang digelar tersebut di buka dengan tradisi Petik Laut Warga Masyarakat Kampung Mandar pagi hari ini, pukul 08.00 WIB di wilayah Kampung Mandar, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis 16/11/23.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Muhammad Lutfi mengatakan, Kegiatan pemerintah kabupaten Banyuwangi,dalam hal ini yakni Baskesbangpol bersama Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Banyuwangi.

Satu-Satunya di Jatim, Banyuwangi Raih Penghargaan Revitalisasi Bahasa Daerah dari Kemendikbud Riste

"Selain di isi dengan kegiatan tradisi Selametan Bumi tradisi Masyarakat Kampung Mandar Petik Laut, selanjutnya ada beberapa kegiatan yang masuk list seperti Pameran"Banyuwangi Creative Space" dilaksanakan pada 17 hingga tanggal 19 November,"jelas Lutfi.

Selain acara tradisi Petik laut, berlanjut kegiatan Kirab Adat Tradisi Nusantara, dan disambung kegiatan Workshop Adat Tradisi Nusantara.

Pemkab Banyuwangi Raih WTP 12 Kali Beruntun

"Dalam pelaksanaan kegiatan Rangkaian Festival Kebangsaan, kita juga mengundang Didik Nini Thowok, dia adalah Seniman yang memiliki talenta jiwa berkesenian dan pengajar Kebangsaan Indonesia,"jelasnya. 

Masih lanjut kata Lutfi kegiatan dilanjutkan acara 18 November acara Opening Ceremony pukul 19.00 Wib di Gesibu Blambangan , dilanjutkan 19 November Gebyar Onthel Kebangsaan sekaligus puncak acara Festival Kebangsaan tahun 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title