202 Ribu Kursi Kereta Api Tersedia untuk Nataru, 30 Persen Sudah Terpesan

Ilustrasi perjalanan kereta api untuk Nataru
Sumber :
  • Istimewa

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kian dekat. Sebagai salah satu penyedia jasa angkutan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan persiapan dengan membuka pemesanan tiket untuk Nataru sejak 6 November 2023 lalu.

Pabrik INKA Banyuwangi Bakal Banyak Serap Tenaga Kerja Lokal

Ke depan, selama 18 hari pada masa libur Nataru yang diperkirakan terjadi pada 21 Desember 2023 hingga dengan 7 Januari 2024, KAI Daop 9 Jember setiap harinya akan mengoperasikan 20 perjalanan kereta api dengan total 202.752 kursi tersedia. 

“Hingga hari Selasa, 28 November 2023, baru 30 persen atau 61.422 tiket yang telah terjual, dari total sebanyak 202.752 tempat duduk yang bisa dimanfaatkan oleh para pelanggan untuk berlibur menuju beberapa kota,” terang Pelaksana Harian Manager Hukum dan Humas Anwar Yuli Prastyo kepada awak media. 

Hadir Kembali, KA Mutiara Timur Tambah Alternatif Pilihan Kereta Api Surabaya - Banyuwangi

Lanjutnya, dari jumlah tersebut, terdapat tiga kereta api yang menjadi incaran calon pelanggan, di antaranya KA Sritanjung tujuan Ketapang - Lempuyangan, KA Probowangi relasi Ketapang – Surabaya Gubeng serta KA Tawangalun relasi Ketapang – Malang Kota Lama.

Terpilihnya 3 kereta api tersebut sebagai favorit adalah kemungkinan karena harga tiket yang terjangkau serta menghubungkan beberapa daerah wisata di Jawa Timur.

KAI Daop 8 Surabaya Kembali Operasikan KA Mutiara Timur, Hadirkan Kenyamanan Baru

Sementara itu, untuk kereta api komersial, KA Pandalungan relasi Jember – Gambir masih menjadi pilihan pelanggan yang hendak bepergian, baik untuk urusan bisnis ataupun liburan.

“Meskipun terjadi peningkatan animo pelanggan pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, KAI memastikan tarif tiket kereta api komersial masih sesuai dengan Tarif Batas Bawah (TBB) dan Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditentukan,” ujar Anwar.

Halaman Selanjutnya
img_title