3 Kali Erupsi, Lava Pijar Gunung Lewotobi Laki-laki Semakin Jauh, Awas!

Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki
Sumber :
  • Antara/ VIVA Banyuwangi

Flores Timur, VIVA Banyuwangi – Gunung Lewotobi Laki-laki tercatat mengalami erupsi 3 kali sejak tengah malam hingga pagi hari. Aliran lava pijar juga semakin menjauh sejak erupsi peningkatan status pada level IV atau awas. Setidaknya ada 8 desa yang terdampak akibat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki.

Seekor Gajah Sumatra Ditemukan Mati di Pedalam Aceh Utara, Gading Hilang

Erupsi terjadi mulai pukul 00.00 Wita hingga 06.00 Wita pada Kamis, 18 Januari 2024 pada Gunung yang berada di Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur Nusa Tenggara Timur ini.

"Dari pemantauan visual, aliran lava pijar mengarah ke timur laut," ujar Petugas Pos Pemantauan Gunung Lewotobi Laki-laki, Anselmus Bobyson Lamanepa melalui keterangan tertulis.

2 Rumah di Lereng Gunung Bromo Rusak Parah Akibat Tanah Longsor

Menurut Anselmus, aliran lava pijar Gunung Lewotobi Laki-laki juga semakin menjauh dari pusat letusan dibandingkan sebelumnya.

“Aliran lava pijar sebelumnya sejauh 3,5 kilometer. Kini sudah bertambah dan menjadi 3,7 kilometer,” tutur Anselmus.

Bahaya Lahar Dingin Masih Mengancam, Sebuah Truk Kembali Terseret Banjir Gunung Semeru

Sedangkan bahaya awan panas juga patut diwaspadai. Gunung yang berada di 1.584 meter di atas permukaan laut (mdpl) tercatat mengeluarkan 4 kali awan panas dalam waktu yang berdekatan.

“Jarak luncur mencapai 2 kilometer ke arah utara. Dilarang melakukan aktifitas apapun dalam jarak 5 hingga 6 kilometer. Masyarakat dihimbau tetap waspada dan tenang. Ikuti arahan Pemda,” kata Anselmus. Kamis 18 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title