1 Unit Jembatan Gantung di Aceh Utara Ambruk

Petugas bersama warga mengecek jembatan gantung yang rusak
Sumber :
  • Abdul Halim/ VIVA Banyuwangi

Aceh Utara, VIVA Banyuwangi – Satu unit jembatan gantung yang menghubungkan Desa Riseh Teungoh dengan Desa Gunci, Kecamatan Sawang, Aceh Utara dilaporkan ambruk ke sungai pada Jum'at 19 April 2024.

Satu-Satunya di Jatim, Banyuwangi Raih Penghargaan Revitalisasi Bahasa Daerah dari Kemendikbud Riste

Ambruknya jembatan tersebut akiban hujan deras yang mengguyur kawasan itu dan tingginya debit air sungai.

“Ya, jembatan gantung yang menghubungkan Desa Riseh Teungoh dengan Desa Gunci ambruk,” kata Kepala Desa Riseh Teungoh, Syukri yang dihubungi wartawan, pada Sabtu 20 April 2024.

Bupati Ipuk Dorong Nelayan Diversifikasi Pangan Hasil Tangkapan Laut

Kades Syukri menyebutkan, jembatan gantung tersebut dibangun dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP).

“Peristiwa itu terjadi  sekira pukul 19:00 WIB akibat abutmen jembatan ambruk diterjang arus sungai, sehingga menyebabka tiang penyangga jembatan jatuh ke sungai,” jelas Kades Syukri.

Pemkab Banyuwangi Raih WTP 12 Kali Beruntun

Kades Syukri menambahkan, kondisi itu membuat resah warga Desa Riseh Teungoh,  karena dapat memicu banjir luapan dan menggenangi pemukiman warga.

"Kondisi debit air sungai masih deras, warga merasa was-was, karena kabel sling baja penyangga jembatan yang membentang aliran sungai akan tersangkut batang kayu yang terbawa arus sungai, sehingga mengakibatkan luapan banjir," tambah Kades Syukri.

Halaman Selanjutnya
img_title