Gus Makki: Persyaratan SPM Jangan Seperti Litsus Orde Baru

KH Ali Makki Zaini maju sebagai bakal calon bupati
Sumber :
  • TV One/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – KH Ali Makki Zaini (Gus Makki) menyoroti sulitnya masyarakat mendapatkan Surat Pernyataan Miskin (SPM) untuk memperoleh layanan kesehatan di Banyuwangi. 

Salip Truk Dari Kiri, Pemotor di Kota Pasuruan Tewas Terlindas Truk

Hal tersebut disampaikan Gus Makki saat mengikuti debat terbuka menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berlangsung pada November 2024.

“Sesuai yang saya ketahui di pengetahuan yang saya miliki bahwa pernyataan tidak mampu itu tidak perlu seperti litsus (penelitian khusus) di saat orde baru,” kata Gus Makki. 

Pemkab Banyuwangi Salurkan 60 Hewan Kurban, Bupati Ipuk: Semoga Berkah

Karena menurutnya, terlalu banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang mengajukan SPM, di antaranya penerima SPM tidak boleh memiliki kulkas dan kendaraan pribadi. 

“Banyak sekali persyaratan yang memberatkan,” kata Gus Makki di hadapan masyarakat yang hadir. 

Pelaku Pembunuhan di Pekanbaru Tertangkap di Banyuwangi

Dari persyaratan tersebut, Gus Makki mengatakan bahwa banyak hal yang harus diubah untuk mengakomodir perolehan hak kesehatan bagi masyarakat. 

Lanjutnya, apabila ia ditakdirkan untuk menjadi Bupati Banyuwangi, Gus Makki akan langsung mengumpulkan akademisi dan pihak-pihak yang memiliki kepedulian terhadap kesehatan masyarakat untuk membahas hal tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title