Gerakan Gigi Bali Sehat: Komang Ayu, Sang "Dokter Gigi" untuk Anak-Anak di Pelosok Bali

Komunitas gerakan gigi Bali sehat yang dicetuskan oleh Komang Ayu
Sumber :
  • Dok. Komang Ayu Sri Widyashanti/VIVA Banyuwangi

Bali, VIVA Banyuwangi – Komang Ayu Sri Widyashanti, mahasiswa kedokteran Universitas Udayana, menjawab tantangan kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak di daerah terpencil di Bali. Ia mendirikan Gerakan Gigi Bali Sehat yang berfokus pada edukasi dan penyaluran alat-alat kebersihan gigi bagi anak-anak yang membutuhkan.

Falle, Inovasi Nyata Penuh Harapan dan Cita-Citanya Bebaskan Indonesia dari Nyamuk

"Berawal dari pengalaman saya menemui anak-anak di Kintamani yang tidak memiliki sikat gigi, saya tergerak untuk membentuk gerakan ini," tutur Komang Ayu.

Pada tahun 2017, Komang Ayu mengunjungi daerah Kintamani, Kabupaten Bangli, dan berinteraksi dengan anak-anak di sana. Ia iseng bertanya, "Ada yang tidak punya sikat gigi di sini?".

Akhyadi, Sang Inisiator Taman Kreatif yang Mengubah Wajah Kota Serang

"Saya kaget karena banyak anak yang mengangkat tangan," cerita Komang Ayu. 

Komang Ayu kemudian mendirikan Gerakan Gigi Bali Sehat yang memiliki program utama, yaitu, Edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anak, penyaluran sikat gigi dan pasta gigi kepada anak-anak yang membutuhkan.

Dari Tempat Sampah Menjadi Kampung Wisata: Akhyadi dan Taman Kreatif Pipitan

Gerakan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Astra yang memberikan apresiasi melalui program Satu Indonesia Award.

"Saya sangat bersyukur dan tidak menyangka mendapatkan apresiasi dari Astra, dukungan ini semakin memotivasi saya untuk terus mengembangkan Gerakan Gigi Bali Sehat," kata Komang Ayu.

Halaman Selanjutnya
img_title