Banyuwangi jadi yang Pertama dapat Hibah Kapal Rampasan

Ilustrasi kapal rampasan negara
Sumber :
  • Antara/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Banyuwangi menjadi daerah pertama di seluruh Indonesia yang pertama kali mendapatkan hibah kapal dari rampasan negara. 

Pedagang Pasar Banyuwangi Tuntut 2 Hal Sebelum Proses Relokasi Dimulai

“Ini baru pertama kali,” ungkap Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono saat penyerahan simbolis kapal rampasan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi. 

Hal tersebut dikatakan Trenggono karena proses yang tak mudah, terlebih di pemerintahan sebelumnya, kebijakan menangani kapal rampasan negara adalah dihancurkan dengan cara dibom dan ditenggelamkan. 

Cerpen using, Judul: Pecel Pitik

“Kami menjelaskan kepada kementerian lembaga terkait yang kemudian disepakati hasil rampasan dapat didayagunakan untuk nelayan-nelayan lokal,” ujar Trenggono. 

Bupati secara simbolis menerima penyerahan kapal rampasan

Photo :
  • Dok. KKP/ VIVA Banyuwangi
Jaring Apirasi Anak, Bupati Ipuk Gelar Rembug Anak

Terkait kriteria nelayan lokal yang menjadi penerima juga melalui seleksi dengan pemenuhan syarat-syarat yang diberlakukan, di antaranya pentingnya apresiasi pemerintah daerah kepada nelayan. 

“Banyuwangi menjadi salah satu target kita yang pertama. Apabila ini berjalan dengan baik, kita akan minta daerah-daerah lain untuk dapat mencontoh Banyuwangi,” tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title