Sarapan Sehat, Energi Sepanjang Hari: Resep Praktis untuk Awali Aktivitas Anda

Orak arik telur
Sumber :
  • Istimewa

Gaya Hidup, VIVA Banyuwangi – Sarapan sering disebut sebagai waktu makan paling penting dalam sehari. Asupan nutrisi di pagi hari memberikan energi dan konsentrasi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas. Namun, kesibukan pagi seringkali membuat kita melewatkan sarapan atau memilih menu sarapan yang kurang sehat. Berikut beberapa resep sarapan sehat yang praktis dan lezat untuk memulai hari Anda:

1. Oatmeal dengan Buah dan Kacang

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang memberikan energi bertahan lama. Campurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan 1 cangkir susu rendah lemak atau susu nabati. Masak hingga matang dan menggembang. Tambahkan topping buah-buahan segar seperti pisang, stroberi, atau bluberi, serta kacang-kacangan seperti almond atau kenari untuk menambah protein dan lemak sehat.

2. Telur Orak-arik dengan Sayuran

Telur merupakan sumber protein yang baik untuk sarapan. Kocok 2 butir telur dengan sedikit garam dan merica. Tumis berbagai macam sayuran seperti paprika, bawang bombay, dan jamur. Tuangkan kocokan telur dan masak hingga matang. Sajikan dengan roti gandum panggang untuk karbohidrat tambahan.

3. Smoothie Buah dan Sayur

Smoothie merupakan pilihan sarapan sehat yang praktis dan menyegarkan. Campurkan buah-buahan segar seperti pisang, mangga, atau stroberi dengan sayuran hijau seperti bayam atau kangkung. Tambahkan air atau susu rendah lemak, lalu blender hingga halus. Anda juga dapat menambahkan chia seed atau protein powder untuk nutrisi tambahan.