303 Wali Murid Baru SMAN 1 Giri Ditarik Dana PSM Sarpras Rp 3 Juta, Pungutan?

Ketua Komite SMAN 1 Giri Banyuwangi, A Fahrurrozi
Sumber :
  • Hafiluddin Ahmad/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Pertengahan Juli lalu, sejumlah 303 wali murid baru SMAN 1 Giri Banyuwangi diundang hadirkan oleh komite sekolah. Lalu ditarik dana peran serta masyarakat sarana prasarana (PSM Sarpras) sebesar Rp 3 juta.

Sejumlah wali murid mengaku diminta untuk memenuhi besaran dana tersebut dalam 1 semester. Itu dilakukan lewat guru kepada peserta didik Kelas X yang diduga mirip cara orang menagih hutang. 

“Yang belum membayar siapa, apa perlu saya absen satu-persatu”. Hal itu memunculkan tanda tanya apakah termasuk dalam pungutan.

Baca juga: Wali Murid SMAN 1 Giri Taruna Bangsa Kaget "Ditodong" Rp 5 Juta untuk Uang Sarpras

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Komite Sekolah SMAN 1 Giri Taruna Bangsa, A. Fahrurrozi menyatakan, dalam rapat yang menghadirkan ratusan wali murid baru yang mengundang adalah komite.

Kemudian, kepala sekolah memberikan pemaparan terkait program-program sekolah secara detail di hadapan ratusan wali murid yang terbagi dalam 2 sesi.

“Maka sekolah kan punya program-program yang tentunya tanpa didukung peran serta masyarakat, tentunya sekolah tidak bisa merealisasikan semua itu,” katanya, dikutip Senin (07/08/2023).