Dana Pendidikan untuk Makan Siang Gratis, Menko PMK: Tidak Ada Salahnya

Menko PMK Muhadjir Effendy saat di Banyuwangi
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Protes usulan penggunaan dana desa atau dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk realisasi program makan siang gratis bagi pelajar terus bergulir. 

Sugirah Siap Maju ke Pilkada Banyuwangi dengan Dukungan Petani

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa sebetulnya usulan tersebut hanya terjadi pada perbedaan di instrumen. 

Nantinya, sumber dana program tersebut tak harus berasal dari dana desa atau dana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) seperti yang ia usulkan. 

KPU Banyuwangi Minta Yusuf - Zainuri Pahami Aturan Pencalonan Bupati Independen

“Tetapi kalau memang pada kenyataannya dana pendidikan bisa disisihkan sebagian untuk makan anak-anak siswa, tidak ada salahnya,” kata Muhadjir Effendy pada Banyuwangi.viva.co.id.

Namun ia meminta seluruh pihak untuk tak berasumsi bahwa dengan masuknya anggaran makan siang gratis masuk dana BOS kemudian mengganggu anggaran untuk kebutuhan lain. 

Yusuf Widyatmoko Kecewa Dokumen Pencalonannya Ditolak KPU Banyuwangi

“Dana bantuan sarana prasarana dan tunjungan untuk guru tidak mungkin hilang,” lanjutnya. 

Untuk diketahui, penolakan penggunaan dana BOS untuk makan siang gratis dari berbagai pihak, di antaranya Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G). 

Halaman Selanjutnya
img_title