Tak Mampu Kelola Parkir, Ini Langkah Pemkab Bondowoso Selanjutnya

Jukir menertibkan kendaraan
Sumber :
  • Istimewa/ Viva Banyuwangi

Bondowoso, VIVA Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, Jawa Timur (Jatim) tampaknya tidak mampu mengelola parkir dengan baik. Hal ini ditandai dengan adanya rencana akan diserahkan pada pihak ketiga untuk mengelolanya.

PJ Sekda Tanggapi Audiensi Ratusan PTT Dengan Komisi IV DPRD Bondowoso

Rencana tersebut diperkuat oleh pernyataan Penjabat (Pj) Bupati Bambang Soekwanto. Pj Bupati mengatakan, rencana ini dilakukan untuk mengurangi belanja pegawai.

“Saya menilai pengelolaan parkir saat ini membebani Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD). Pengelolaan parkir di Bondowoso rencananya akan diserahkan kepada pihak swasta, agar belanja pegawai berkurang,” ungkap Bambang, Senin 13 Mei 2024.

Naas, Ayah dan Anaknya Tewas Terjebur Sungai Sampeyan Baru Bondowoso

Selain itu, pengalihan pengelolaan parkir juga ditujukan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena pihak ketiga yang akan diajak kerjasama harus mempunyai kemampuan beauty contest.

“Kami juga menduga ada Juru parkir (Jukir) diluar kendali Pemkab. Sehingga, pihak ketiga nanti bertanggung jawab untuk mengorganisir seluruh Jukir dalam kendalinya. Untuk Jukir yang sudah ada, akan diprioritaskan,” terang Bambang.

Seorang Pria Tewas Saat Berada di Alun-alun Bondowoso Karena ini

Untuk diketahui, setelah parkir elektronik dijalankan, hasilnya kurang memuaskan. Sehingga ada wacana, parkir akan diserahkan pada pihak ketiga. Sedangkan parkir berlangganan dilarang untuk dioperasikan.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Agus Swardjito mengatakan, ternyata, aturan yang baru memperbolehkan karcis berlangganan. Sebelum diserahkan kepada pihak ketiga, pemerintah akan melakukan kajian terlebih dahulu.

Halaman Selanjutnya
img_title