Politeknik Negeri Jember Gelar Wirausaha On Week Competition (Wow) Dan Sepekan Dorong Generasi Muda Kreatif Dan Inovatif
- Palupi Ambarwati/ VIVA Banyuwangi
Jember, VIVA Banyuwangi –Politeknik Negeri Jember (Polije) kembali meneguhkan komitmennya dalam mencetak generasi wirausaha muda yang inovatif dan kreatif melalui dua kegiatan besar bertajuk Wirausaha on Week Competition (WoW) dan Seminar, Perlombaan, dan Expo Kewirausahaan (SePeKAN). Kedua acara ini tidak hanya melibatkan mahasiswa, tetapi juga membuka peluang bagi siswa SMA, SMK, dan MA dari berbagai daerah, khususnya di Jawa Timur, untuk turut berpartisipasi.
Kegiatan WoW mengusung tema "Menumbuhkan dan Mengembangkan Inovasi Bisnis Berkelanjutan di Era Digital". Sementara itu, SePeKAN hadir dengan tema "Menumbuhkan Jiwa Enterpreneur yang Cerdas, Kreatif, dan Inovatif". Tema-tema tersebut menjadi cerminan upaya Polije untuk mencetak wirausaha muda yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan tuntutan zaman.
Menurut Direktur Polije, Saiful Anwar, S.TP., M.P., kedua kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Pusat Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan, yang berada di bawah tanggung jawab Bidang III Kemahasiswaan. Ia menyampaikan bahwa program ini dirancang untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan tidak hanya di kalangan mahasiswa tetapi juga di masyarakat, termasuk pelajar dari berbagai jenjang pendidikan.
“Hari ini, kita bersama-sama menyaksikan kegiatan yang sangat penting bagi pengembangan kewirausahaan di kalangan generasi muda. Acara ini menggabungkan tiga aktivitas utama, yaitu seminar, perlombaan, dan expo kewirausahaan. Selama tiga tahun berturut-turut, Polije telah dipercaya oleh Direktorat Akademik Perguruan Tinggi untuk melaksanakan kegiatan ini. Harapannya, para peserta tidak hanya dapat belajar bagaimana membangun usaha, tetapi juga mendapatkan inspirasi dari para narasumber untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi yang dimiliki,” jelas Saiful Anwar.
Ketua panitia, Dr. Dhanang Eka Putra, menjelaskan bahwa WoW dan SePeKAN mencakup berbagai aktivitas menarik, seperti perlombaan business plan, poster, hingga produk inovatif. Kegiatan tersebut melibatkan siswa SMA, SMK, dan MA tingkat nasional. Setelah melalui proses seleksi, puncak acara dilanjutkan dengan seminar nasional sekaligus pengumuman pemenang lomba.
Acara seminar ini menghadirkan narasumber-narasumber inspiratif yang telah terbukti sukses di bidang kewirausahaan. Hendra Dinara, pemilik Feedskin Natural, berbagi kisah perjalanan bisnisnya yang dimulai dari nol hingga mencapai omzet tahunan Rp 2,5 miliar. Produk kosmetiknya dikenal sebagai produk herbal satu-satunya di dunia dengan inovasi yang unik dan berkelanjutan.