LPG 3 Kg Langka, Sejumlah Warga Kembali Gunakan Tungku Kayu

Tungku kayu untuk memasak kala pasokan gas elpiji 3 kg langka
Sumber :

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi - Kelangkaan pasokan LPG 3 kg dalam beberapa hari terakhir berimbas pada sejumlah warga di Banyuwangi. Belum stabilnya pasokan gas melon di beberapa wilayah kecamatan membuat  para ibu rumah tangga harus memutar otak untuk alternatif lain dalam memasak.

Bupati Ipuk: Kami Siapkan Instrumen Pendidikan Agama Dari PAUD Hingga Universitas

Lantaran susah mendapatkan gas elpiji 3 kg, sebagian warga memilih untuk kembali menggunakan tungku kayu bakar. Hal ini seperti yang dialami oleh Amining (42), warga Dusun Krajan, Desa Tapanrejo, Kecamatan Muncar.

Dirinya lebih memilih untuk menggunakan tungku dengan kayu sebagai bahan bakar untuk memasak. Menurutnya, selain untuk mengakali susahnya memperoleh LPG 3 kg, memasak dengan memakai kayu bakar juga dinilai lebih ekonomis dari segi biaya.

Ketakutan, Penyebar Hoax Setoran Battle Sound Banyuwangi Kibarkan Bendera Putih

“Sekarang nyari gas (LPG 3 kg) sulit, kalo ada pun harganya bisa sampai Rp25ribu di penjual eceran. Mending balik pakai kayu lagi,” tuturnya (1/8).

Hal serupa juga dikatakan oleh Ngamah (55), warga Dusun Krajan, Desa Tapanrejo, Kecamatan Muncar. Saat ini, ia kembali beralih memakai tungku kayu sebagai media untuk memasak.

Pertamina: Elpiji Oplosan Rawan Beredar di Pengecer, Waspadalah!

Ngamah menyebut, penggunaan kayu sebagai bahan bakar memasak merupakan pilihan yang efektif. Selain karena lebih murah, kayu juga lebih mudah diperoleh oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

“Kalau pakai kayu, ya tinggal nyari di kebun sekitar rumah aja, nggak perlu beli. Lebih murah jadinya,” jelas Ngamah.

Halaman Selanjutnya
img_title