Industri Tahu di Tegaldlimo, Banyuwangi Ini Mampu Habiskan Kedelai Hingga 125 kg Per Hari

Seorang pekerja tengah memotong tahu
Sumber :
  • Litalia Putri / VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Geliat pelaku industri skala kecil atau UMKM di Banyuwangi semakin hari semakin bertumbuh. Salah satunya yaitu rumah produksi tahu yang menjadi bagian dari sentra industri tahu Desa Kedunggebang, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi.

RKM Bagikan Kupon 3S, Buat Pelaku UMKM Gembira

Industri tahu skala rumahan ini mampu menghabiskan kedelai hingga 125 kg dalam sehari produksi. Pemilik rumah produksi tahu, Yusuf (25), mengatakan jika nilai tersebut merupakan hasil akumulasi dari dua dapur produksi yang dikelola bersama dengan kerabatnya.

“Di saya habis kisaran 70-80 kg (kedelai), kalau di budhe sekitar 50-an kg,” ujarnya saat ditemui Banyuwangi.viva.co.id, Selasa (29/8).

PIM Raih Penghargaan Terbaik Pelaksanaan TJSL di Aceh

Yusuf menambahkan, usaha produksi tahu putih miliknya ini sudah ada sejak tahun 1999. Usaha tersebut awalnya dikembangkan oleh sang ibu, sebelum akhirnya diturunkan kepada dirinya.

Berdasarkan penuturan Yusuf, proses pembuatan tahu putih miliknya ini secara keseluruhan dilakukan dengan menggunakan metode konvensional. Mulai dari penggilingan hingga proses pencetakan tahu sebelum dipasarkan.

KPK Bimtek ke Banyuwangi, Soroti Soal Pengelolaan Keuangan Daerah

“Pakai cara tradisional, masih dengan tungku kayu,” kata pemuda yang dipanggil Ucup ini.

Untuk bahan baku, Yusuf memilih menggunakan kedelai lokal yang diperoleh dari penimbang. Sistemnya, kedelai dari petani akan dikirim langsung oleh penimbang ke rumah produksi tahu miliknya.

Halaman Selanjutnya
img_title