Rumah Baca Ikan Muncar: Menyalakan Api Pengetahuan di Pedesaan

Rumah Baca Ikan Muncar: Menyalakan Api Pengetahuan di Pedesaan
Sumber :
  • instagram @rumah.bacaikanmuncar

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Sebuah tempat kecil bernama Rumah Baca Ikan Muncar telah menjadi mercusuar pengetahuan bagi anak-anak desa. Dengan semangat "Muncar Membaca Muncar Cerdas", rumah baca ini mengilhami generasi muda untuk menjelajahi dunia melalui halaman-halaman buku.

Taman Nasional Baluran Upayakan Pengembangan Wisata Berbasis Hewan Liar

Terletak di Dusun Kalimati, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Rumah Baca Ikan Muncar menjadi oase di tengah kemajuan teknologi. Adi Prayugo, pionir di balik inisiatif ini, memimpin dengan visi besar: "Kami membawa dunia melalui kata-kata, membantu anak-anak membangun mimpi mereka satu halaman buku per-satu halaman buku," katanya.

Rumah Baca Ikan Muncar bukan hanya sekadar tempat membaca. Mereka meluncurkan kegiatan-kegiatan kreatif seperti perpustakaan keliling dan bukalapak baca, membawa buku-buku ke pelukan anak-anak, menghidupkan imajinasi mereka.

Hadapi Tahun Politik, PCNU Banyuwangi Gelar Selawat Keselamatan Negeri

Para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari berbagai perguruan tinggi juga turut berperan, mengadakan lomba-lomba membaca yang penuh semangat dan mendonasikan buku-buku baru yang memberikan warna baru di rak-rak perpustakaan.

Namun, daya tarik sejati Rumah Baca Ikan Muncar tidak hanya terletak pada buku-buku yang disusun rapi di rak-raknya. Di sini, anak-anak tidak hanya belajar membaca.

Konflik Lahan KLHK, AKP Eko: Harus Ditemukan Solusi Yang Terbaik Untuk Semua

Mereka belajar tentang kehidupan, impian, dan keberanian melalui karakter-karakter dalam cerita. Mereka menyaksikan bahwa dalam halaman-halaman buku, segala mungkin terjadi, dan bahwa pengetahuan adalah kunci untuk membuka pintu dunia yang lebih besar.

Dan beberapa penghargaan telah diraih oleh komunitas Rumah Baca Ikan Muncar tentang "Inovasi Literasi Terbaik" yang telah di dapat dari beberapa lembaga. Rumah Baca Ikan Muncar adalah bukti bahwa meskipun di desa pedesaan yang terpencil, kehausan akan pengetahuan dan mimpi-mimpi yang tak terbatas tetap berkobar.

Halaman Selanjutnya
img_title