Teknik Menentukan Prioritas agar Tidak Mudah Kewalahan
Jumat, 21 Februari 2025 - 11:01 WIB
Sumber :
- Pexels: @RDNE Stock project
Gaya Hidup, VIVA Banyuwangi – Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan pada berbagai tugas yang harus diselesaikan. Tanpa teknik menentukan prioritas yang baik, seseorang bisa mudah kewalahan dan kurang produktif. Artikel ini akan membahas beberapa teknik efektif untuk menentukan prioritas agar pekerjaan lebih terorganisir dan efisien.
1. Gunakan Metode Eisenhower Metode Eisenhower membagi tugas menjadi empat kategori:
Baca Juga :
Cara Ampuh Menabung Meski Gaji Pas-pasan
Penting dan mendesak: Harus segera diselesaikan.
Penting tetapi tidak mendesak: Bisa dijadwalkan.
Baca Juga :
5 Trik Agar Tidak Malas Olahraga di Pagi Hari
Tidak penting tetapi mendesak: Bisa didelegasikan.
Tidak penting dan tidak mendesak: Bisa diabaikan atau ditunda.
2. Terapkan Aturan 80/20 (Prinsip Pareto)
Halaman Selanjutnya
Prinsip Pareto menyatakan bahwa 80% hasil berasal dari 20% usaha. Identifikasi tugas-tugas yang memberikan dampak terbesar dan fokuslah menyelesaikannya terlebih dahulu.