Mencegah Dehidrasi di Masa Puasa, Begini Cara Konsumsi Air Putih

Adhimatul Faiqoh, S.Kep
Sumber :
  • Anton Heri Laksana/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi –Penulis: Adhimatul Faiqoh, S.Kep. RSUD Genteng, Kabupaten Banyuwangi

Polres Situbondo Bangun Sumur Bor, Ratusan Keluarga Dapat Suplai Air Bersih

Saat bulan Ramadhan tiba, umat muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan dahaga selama sepanjang hari yang disebut puasa, tidak minum selama kurang lebih 12 jam saat puasa, sehingga otomatis cairan tubuh pun berkurang. Ditambah lagi jika sering beraktivitas di luar ruangan, maka berisiko mengalami dehidrasi. Meskipun dehidrasi yang terjadi saat puasa biasanya ringan dan tidak menimbulkan dampak serius, tapi tetap saja kondisi tersebut tidak boleh disepelekan. Dehidrasi bisa menimbulkan gejala seperti pusing, sakit kepala dan lemas. Hal itu tentu akan mengganggu untuk beraktivitas dengan maksimal. Karena itu, simak tips mencegah tubuh dehidrasi saat puasa di sini.

1. Usahakan Minum Air Putih Sesuai Kebutuhan

Tips Makan Daging Kambing dan Sapi di Hari Raya Idul Adha

Sebenarnya kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung kondisi tubuh, usia, jenis kelamin, suhu lingkungan, jenis makanan yang dikonsumsi, dan jenis aktivitasnya. Namun, memang rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya dua liter air perhari yang bisa dibagi menjadi 8 gelas air. Saat puasa, kamu bisa tetap memenuhi kebutuhan cairan ini dengan menerapkan : 1 gelas saat bangun sahur, 1 gelas setelah sahur, 1 gelas saat membatalkan puasa, 1 gelas setelah makan buka puasa, 1 gelas setelah sholat isya’, 1 gelas setelah sholat taraweh, 1 gelas sebelum tidur, 1 gelas saat bangun malam.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Pencurian Helm Marak di Banyuwangi, Pengunjung Kafe dan Salon Resah

Buah dan sayur umumnya mengandung banyak air yang dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa. Beberapa jenis buah dan sayur yang baik dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa di antaranya semangka, jeruk, melon, apel, brokoli, selada, dan bayam. Selain mencegah dehidrasi, buah dan sayur juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama serta menurunkan risiko terjadinya sembelit selama bulan puasa.

3. Hindari Konsumsi Kafein Berlebih

Halaman Selanjutnya
img_title