TNI AL Berhasil Tembakan 4 Rudal di Operasi Laut Gabungan TNI

KRI unsur TNI AL Ambil Bagian Dalam Latgab TNI 2023
Sumber :
  • Istimewa

Situbondo, VIVA Banyuwangi – Latihan gabungan TNI digelar di pantai Banongan Asembagus Situbondo dan di Markas Marinir Karang Tekok. Dalam latgab tersebut, KRI Koarmada II dari unsur TNI AL berhasil menembakkan 4 rudal.

Demo Buruh, UMK Terendah se-Jawa Timur Disoroti Ratusan Buruh di Situbondo

Pada pelaksanaan Manuver Lapangan (Manlap) Latihan Gabungan (Latgab) TNI di wilayah Kogabwilhan II, TNI Angkatan Laut (TNI AL) telah berhasil melaksanakan penembakan 4 Rudal yang berbeda di wilayah perairan Laut Jawa, pada Senin (31/07). 

Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab TNI) 2023 telah menghancurkan kapal sasaran dengan menembakkan 4 Rudal anti kapal permukaan. 

Reaktivasi Kereta Api Relasi Jember Situbondo Sangat Dibutuhkan, ini Kata BTP Jatim

Hal tersebut diungkapkan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Penembakan rudal strategis tersebut merupakan bagian dalam Operasi Laut Gabungan dalam Latgab TNI kali ini dan dilanjutkan dengan penembakan dari unsur udara F-16. 

"Ini menjadi kebanggaaan kita bersama untuk meningkatkan profesionalisme para prajurit TNI baik Darat, Laut, Udara dan besok akan dilanjutkan dengan operasi Gabungan TNI", tegas Laksamana TNI Yudo Margono seperti yang dikutip dalam sambutannya.

Kawasan Konservasi Taman Nasional Baluran Situbondo Dijagat Ketat Petugas Gabungan

Sebagai target penembakan adalah eks KRI Slamet Riyadi (KRI SRI)-352 yang masuk ke jajaran TNI AL sejak tahun 1987 dan tidak dioperasionalkan lagi oleh TNI AL sejak Agustus 2019 lalu.

Spesifikasi Rudal yang ditembakkan tersebut antara lain Rudal SSM Exocet MM40 Block 3 merupakan Rudal yang memiliki kecepatan 0,93 mach, dengan jarak jelajah 6.5 - 97 NM dan tinggi jelajah hingga 9 M. Rudal C-802 memiliki kecepatan 0,9 mach dengan jarak jelajah 5.4 - 64.7 NM dan tinggi jelajah hingga 20 M. 

Halaman Selanjutnya
img_title