Persiapannya Habiskan Anggaran Rp 750 Juta, Gandrung Sewu 2023 Sukses Digelar

Gandrung Sewu 2023
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Rangkaian Gandrung Sewu 2023 yang digelar selama 3 hari pada 14 hingga 16 September 2023 di Pantai Marina Boom Banyuwangi sukses mencatatkan transaksi ekonomi sebesar Rp 4,6 miliar. Salah satu Nilai terbesarnya adalah pesiapan peserta pagelaran budaya itu yang total anggarannya capai Rp 750 juta.

Terlibat Pengamanan WWF, Pokmaswas Pesona Bahari Jaga 5 Jalur Perairan Alternatif Banyuwangi

Jumlah tersebut bila diurai, meliputi transaksi belanja pengunjung di stand Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di area acara yang hanya tembus hingga Rp 375 juta, hampir separuh dari biaya persiapan.

Kemudian, transaksi parkir kendaraan roda dua dan empat sebanyak Rp 16 juta, serta tiket masuk ke Pantai Marina Boom yang tercatat mencapai total lebih dari Rp 125 juta. 

Pencurian Helm Marak di Banyuwangi, Pengunjung Kafe dan Salon Resah

Dalam event yang menyerap banyak tamu baik dari nasional maupun internasional, sektor perhotelan sangat berperan penting, di mana 12 hotel bintang 3 dan 4 mencetak transaksi fantastis mencapai Rp 1,5 miliar, sementara hotel kelas melati dan homestay sebanyak Rp 150 juta. 

Bisnis restoran juga meraup laba, dengan mencatatkan transaksi hingga Rp 400 juta, dilanjutkan transaksi belanja oleh-oleh sebanyak Rp 200 juta, dan jasa rental mobil mencapai Rp 300 juta. 

155 Ketua Regu dan Rombongan Ibadah Haji Banyuwangi Jalani Pemantapan dari Kemenag

Tak kalah, industri kreatif yang meliputi transaksi untuk tim kesenian, sewa baju gandrung, properti, workshop dan dokumentasi tercatat di angka Rp 600 juta, serta khusus untuk biaya persiapan peserta yang mencapai 1.300 orang, nilai transaksinya sebesar Rp 750 juta. 

Seperti diketahui, gelaran Gandrung Sewu memiliki tahap seleksi dan latihan yang telah berlangsung sejak 3 bulan sebelumnya, dan proses tersebut juga turut berperan dalam perputaran ekonomi Kabupaten Banyuwangi. 

Halaman Selanjutnya
img_title