Warga Kampung Mandar Larung Kepala Sapi di Selat Bali

Pelarungan kepala sapi di Selat Bali
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Warga Kelurahan Kampung Mandar Kecamatan Banyuwangi melarung kepala sapi di Perairan Bali dalam ritual petik laut atau selametan bumi yang diselenggarakan pada Jumat, 17 November 2023 siang. 

Ibu Rumah Tangga di Jembrana Gasak Uang dan Emas Milik Saudara Sendiri

Selametan Bumi menjadi rangkaian Festival Kebangsaan bertema Tradisi Adat Mandar yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi pada 16-19 November 2023.

“Acara petik laut di Kampung Mandar yang sudah ada sejak tahun 1800-an ini merupakan bentuk rasa syukur nelayan karena hasil laut yang melimpah,” terang Ketua Adat Kampung Mandar, Puang Faizal Riezal Daeng Galak kepada Banyuwangi.viva.co.id.

Polres Jembrana Gagalkan Peredaran Narkoba, Empat Tersangka Diamankan

Kepala sapi untuk dilarung ke laut

Photo :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Acara tahunan yang baru diselenggarakan kembali setelah vakum selama 4 tahun akibat pandemi Covid-19 tersebut menarik antusiasme tinggi masyarakat, baik yang menonton maupun nelayan yang turut serta dalam pelarungan ke tengah laut.

Residivis Penadah Kembali Beraksi, Motor Curian Digadaikan di Buleleng

“Ada 40 perahu, dihias dengan semarak secara swadaya oleh masyarakat,” katanya. 

Soal mengapa harus melarung kepala sapi, dirinya menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari sejarah ketika masyarakat setempat meminta saran kepada tetua adat Kampung Mandar. 

Halaman Selanjutnya
img_title