2 Kapal Perang Indonesia Sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi

KRI Dewaruci saat proses sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewaruci dan KRI Makassar 590 sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi pada Senin, 20 November 2023.

Banyuwangi jadi yang Pertama dapat Hibah Kapal Rampasan

Kedua kapal tersebut membawa 187 taruna dan taruni tingkat 2 Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) Angkatan Laut yang tengah mengikuti pelayaran latihan praktek (lattek) jalasesya. 

Lattek tersebut digelar usai para taruna dan taruni mendapatkan korps atau kecabangan dan menyelesaikan pendidikan bidang masing-masing, selanjutnya mempraktekkan ilmunya dengan berlayar. 

5 Kapal Hasil Rampasan Negara Dihibahkan KKP kepada Banyuwangi

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Indra Nusha R mengaku bangga dengan sandarnya 2 kapal perang yang memiliki sejarah panjang bagi Indonesia tersebut. 

Karena sebelumnya KRI Dewaruci yang bertolak dari Surabaya menuju Banjarmasin, dijadwalkan titik berikutnya adalah Balikpapan, namun diubah ke Banyuwangi. 

26 Ribu Orang Ramai-ramai Menyeberang ke Jawa Jelang Nyepi

“Destinasi diubah ke Banyuwangi, mengingat titik dan jaraknya lebih dekat,” kata Indra kepada Banyuwangi.viva.co.id.

Terlebih Banyuwangi juga sebagai daerah wisata yang ramai menarik wisatawan lokal maupun mancanegara, yang bermanfaat untuk strategi promosi TNI AL. 

Halaman Selanjutnya
img_title