Gunung Raung Keluarkan Asap Putih, PPGA: Jangan Dekati Pusat Erupsi

Penampakan Gunung Raung dari pos pantau
Sumber :
  • Moh. Hasbi/VIVA Banyuwangi/PPGA Raung

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, menanggapi kondisi Gunung Api Raung mengeluarkan asap putih. Masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 500 meter.

Bupati Hendy Daftar Cabup Dikawal Keluarga, PPP Jember Sebut Ini Modal Awal

Gunung Raung yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember, mengeluarkan asap putih dari puncak kawah hingga 50 meter.

Gunung setinggi 3332 meter di atas permukaan laut (mpdl) tersebut, dalam informasi petugas pantau melaporkan mengeluarkan asap putih setinggi 50 meter.

Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup, PPP Jember: Semua Boleh Mendaftar

Laporan visual dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, periode pengamatan 24 jam per tanggal 6 Desember 2023, menyebut jika gunung terlihat jelas, kabut 0-I, kabut 0-II, hingga kabut 0-III.

"Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 50 meter di atas puncak kawah," kata Petugas PPGA Raung, Burhan Alethea, Kamis 07 Desember 2023.

Wabup Gus Firjaun Belum Tentukan Sikap Maju Pilkada Jember

Secara meteorologi, Burhan menerangkan, cuaca di Gunung Raung, cerah, berawan hingga mendung. Angin juga bertiup lemah ke arah utara dan selatan. untuk suhu udara mencapai 18-37 derajat celsius.

"Gempa hembusan tercatat sebanyak 9 kali, dengan amplitudo 4-6 mm, dan durasi 28-42 detik,"terang Burhan.

Halaman Selanjutnya
img_title