Proses Hukum Pembuat Surat Palsu di TWA Kawah Ijen Dihentikan

Wisatawan di TWA Kawah Ijen
Sumber :
  • Antara/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Proses hukum pembuatan surat kesehatan palsu di Tempat Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen dihentikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi. 

Naskah Kuno Banyuwangi Diusung jadi Ingatan Kolektif Nasional 2024

Hal tersebut dilakukan karena pelaku yang merupakan pemandu wisata setempat telah meminta maaf dan berjanji tak akan mengulangi. 

“Yang bersangkutan sudah tanda tangan dan diberi pembinaan,” kata Plt Kepala Dinkes Banyuwangi Amir Hidayat pada Banyuwangi.viva.co.id.

Pedagang Pasar Banyuwangi Tuntut 2 Hal Sebelum Proses Relokasi Dimulai

Lanjut Amir, pemandu wisata yang menjadi pelaku pemalsuan surat kesehatan diketahui adalah purna tenaga kesehatan di Puskesmas Kabat sehingga memiliki akses untuk membuat surat kesehatan tersebut. 

Belajar dari peristiwa tersebut, Dinkes Banyuwangi mengimbau agar fasilitas kesehatan lebih memperketat pemeriksaan dan dimohon untuk tidak mengeluarkan surat keterangan sehat tanpa pemeriksaan.

Banyuwangi Gelar Festival Bagel untuk Lestarikan Permainan Tradisional

Sementara untuk masyarakat, Amir meminta masyarakat untuk mengkonsultasikan kepada petugas kesehatan terkait gangguan kesehatan yang dialami, terutama penyakit asma, jantung dan hipertensi. 

“Surat keterangan sehat tersedia di seluruh fasilitas kesehatan dengan tarif murah yang telah diatur oleh peraturan daerah,” jelas Amir. 

Halaman Selanjutnya
img_title