Pengamanan Selat Bali Bakal Didukung KAL Baru

KAL Sembulungan yang akan perkuat Lanal Banyuwangi
Sumber :
  • Antara/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi bakal meluncurkan Kapal Angkatan Laut (KAL) baru untuk mendukung pengamanan di Selat Bali terutama saat arus mudik. 

KAL Sembulungan Resmi Perkuat Pengamanan Lanal Banyuwangi

“Sesuai operasi yang direncanakan, akan datang KAL Sembulungan,” ungkap Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz pada Banyuwangi.viva.co.id.

KAL Sembulungan akan memperkuat armada yang dimiliki Lanal Banyuwangi yang sudah ada, di antaranya KAL Rajegwesi. 

Inilah Sosok TNI Penjaga Lautan Banyuwangi yang Baru

Hafidz menambahkan, untuk mendukung pengamanan Selat Bali jelang Hari Raya Idul Fitri, Lanal Banyuwangi akan melakukan patroli terjadwal yang dilakukan secara bergantian oleh para personel. 

Sejauh ini, dari pantauan sementara Lanal Banyuwangi belum ada potensi gangguan sehingga tak ada tambahan pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO). 

Danlanal Lama Terkesan Dengan Perubahan Kabupaten Banyuwangi

Sementara itu, untuk potensi gangguan yang menjadi fokus Lanal Banyuwangi adalah soal cuaca dan peningkatan kepadatan arus lalu lintas. 

Untuk diketahui, dilansir dari website Tentara Nasional Indonesia (TNI), KAL 28 meter produksi anak bangsa tersebut memiliki beberapa keunggulan, di antaranya memiliki 1 unit meriam 20 mm dan 2 unit meriam 12,7 mm.

Halaman Selanjutnya
img_title