5 Kapal Hasil Rampasan Negara Dihibahkan KKP kepada Banyuwangi

Bupati secara simbolis menerima penyerahan kapal rampasan
Sumber :
  • Dok. KKP/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Sebanyak 5 kapal hasil rampasan negara dihibahkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia untuk kelompok nelayan di Banyuwangi. 

Warga Pakel Bersuka Cita Usai Tanda Tangani Kemitraan dengan PT Bumisari

“Kita selalu melakukan operasi penangkapan kapal-kapal yang menangkap ikan di perairan Indonesia,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono pada Banyuwangi.viva.co.id.

Lanjutnya, kapal-kapal yang diamankan di antaranya berasal dari beberapa negara di antaranya Vietnam, Malaysia dan Filipina yang kemudian dikumpulkan untuk dimanfaatkan. 

BMKG Banyuwangi: Waspada Cuaca Ekstrim dan Gelombang Tinggi

“Kalau dulu setiap ditangkap dibuang ke laut, dibom. Sejak saya, saya tidak mau karena dibom itu merusak lingkungan dan biota kelautan,” ujar Trenggono. 

KKP disebutnya mengumpulkan kapal-kapal rampasan tersebut, untuk selanjutnya berkomunikasi dengan pemerintah dan kejaksaan terkait pemanfaatan kapal. 

Tukang Becak Berkaos Ganjar Mahfud Ditemukan Tak Bernyawa di Area Stadion Banyuwangi

“Untuk kemudian kita sumbangkan kepada masyarakat yang masih menggunakan kapal tradisional,” lanjutnya. 

Banyuwangi mendapat hibah 5 kapal rampasan yang dalam kondisi baik dan telah selesai prosesnya di kejaksaan untuk diperbaiki juga sebelum diserahkan kepada Pemkab Banyuwangi. 

Halaman Selanjutnya
img_title