Bupati Ipuk: Notaris Mitra Strategis Pemerintah Dalam Pembangunan Daerah

Pelantikan Pengurus Daerah Banyuwangi Ikatan Notaris Indonesia
Sumber :
  • Dok. Pemkab Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi –Selain peran pentingnya di bidang hukum, notaris juga menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam membangun Banyuwangi.

Dur Blambangan24 Jam Dilaporkan Polisi Oleh Pengurus Karteker PCNU Banyuwangi

Untuk menciptakan iklim investasi daerah yang kondusif sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Notaris memiliki tanggung jawab besar memastikan legalitas dokumen dalam berbagai transaksi baik terkait pertanahan dan yang lainnya. Dengan legalitas yang terjamin setiap transaksi dapat berjalan dengan lancar dan aman sehingga kepercayaan masyarakat dan investor terhadap daerah akan semakin meningkat,” kata Bupati Ipuk Fiestiandani usai menyaksikan pelantikan Pengurus Daerah Banyuwangi Ikatan Notaris Indonesia (INI), di Pendopo Sabha Swagata, Rabu 3 Juli 2024.

Bupati Ipuk: Gunakan Pupuk Organik, Kurangi Pupuk Kimia

Bupati Ipuk mengatakan peran notaris dalam memastikan legalitas dokumen juga sangat erat dengan upaya melindungi masyarakat dari pemalsuan dan penipuan. Selama ini masih terjadi sengketa lahan karena adanya double akte dokumen kepemilikan yang sangat merugikan warga.

“Kami berharap notaris menjadi garda terdepan dalam melindungi masyarakat Banyuwangi terutama yang lemah agar hak-hak mereka tidak diambil oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” pinta Bupati Ipuk.

Lindungi UMKM, Banyuwangi Pacu Pengurusan Rekomendasi HKI Hingga Level Desa

Dalam kesempatan itu Bupati Ipuk juga mengajak para notaris untuk berkolaborasi dengan pemerintah untuk mendukung pembangunan daerah.

Diantaranya memberikan pendampingan kepada UMKM agar memiliki legalitas yang kuat, memberikan edukasi hukum bagi masyarakat dan juga pemerintah tentang pentingnya legalitas dokumen dan prosedur hukum.

Halaman Selanjutnya
img_title