Negara Dengan Militer Terkuat se-Indo-Pasifik, Indonesia Peringkat Berapa?

Prajurit Marinir TNI AL saat latgab di Pantai Banongan, Situbondo
Sumber :
  • Anton Heri Laksana/ VIVA Banyuwangi

Militer, VIVA Banyuwangi – Latihan bersama (Latma) Super Garuda Shield (SGS) 2024 yang diikuti oleh beberapa negara di Indo-Pasifik akan segera berlangsung dalam waktu dekat.

KRI Nagapasa: Siluman Laut Penjaga Kedaulatan NKRI, Mengungkap Kecanggihan dan Kekuatan Tempur

Indo-Pasifik adalah istilah geografis dan geopolitik yang mengacu pada wilayah yang meliputi Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, termasuk negara-negara di Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Oseania. Secara lebih spesifik, kawasan ini mencakup seperti India, Jepang, Australia, Indonesia, serta negara-negara di ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara).

Meski belum diketahui pasti negara mana saja yang akan turut bergabung dalam Latma SGS 2024 ini, berikut Banyuwangi.viva.co.id rangkum, perbandingan kekuatan Militer Indonesia dengan beberapa negara yang telah mengikuti latihan secara langsung dalam SGS 2023, berdasarkan data dari Global Fire Power 2024.

1. Amerika

Amerika Serikat secara konsisten menduduki peringkat teratas dalam daftar kekuatan militer global yang dirilis oleh Global Firepower (GFP). Berbagai faktor, mulai dari anggaran pertahanan yang besar, teknologi canggih, hingga jumlah personel dan alutsista yang melimpah, berkontribusi pada dominasi militer AS.

2. Inggris

Lebih dari Sekadar Kapal Perang: Menyelami Kekuatan Alutsista TNI AL

Inggris, meskipun tidak lagi memiliki imperium global seperti masa lalu, tetap mempertahankan posisi sebagai salah satu kekuatan militer terkemuka di dunia. Menurut Global Firepower (GFP) 2024, Inggris menempati peringkat ke-6 secara global, menunjukkan kapabilitas militer yang signifikan dan modern.

3. Jepang

Halaman Selanjutnya
img_title