Super Garuda Shield 2024: Danlanal Banyuwangi Ingatkan Warga Tidak Main Laser

Danlanal Banyuwangi, meninjau kedatangan alutsista US
Sumber :
  • Dok. Lanal Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz, mengeluarkan himbauan penting kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Giri dan sekitarnya. Himbauan ini terkait dengan pelaksanaan Latihan Gabungan Multinasional Super Garuda Shield (Latgabma SGS) 2024 yang tengah berlangsung.

Pangdam V/Brawijaya Lakukan Kunjungan Kerja di Kodim 0825 Banyuwangi

Masyarakat diminta untuk tidak menggunakan atau memainkan laser yang diarahkan ke udara, terutama ke arah penerbangan helikopter militer. Himbauan ini dikeluarkan menyusul adanya komplain dari penerbang US Army terkait penggunaan laser oleh warga yang mengganggu penerbangan helikopter mereka saat uji coba penerbangan.

"Keselamatan penerbangan adalah prioritas utama kami. Laser yang diarahkan ke udara dapat menyebabkan risiko yang sangat serius bagi penerbang. Kami meminta pengertian dan kerja sama dari seluruh masyarakat untuk memastikan Latgabma SGS dapat berlangsung dengan aman dan sukses", ujar Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz.

Bye-bye Bulu Ketiak! 5 Cara Ampuh Singkirkan 'Teman Kecil' yang Mengganggu

Danlanal menjelaskan bahwa sinar laser yang diarahkan ke kokpit helikopter dapat menyebabkan gangguan serius pada pilot, berpotensi membahayakan keselamatan penerbangan.

Helikopter Milik U.S Army

Photo :
  • Dok. Lanal Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi
HUT TNI Angkatan Laut Ke-79, Lanal Banyuwangi Ajak Pelajar dan Masyarakat Nikmati Makanan Bergizi

Untuk memastikan informasi ini tersampaikan kepada masyarakat luas, Danlanal Banyuwangi telah meminta Camat Giri, Kapolsek Giri, para Lurah, dan Kepala Desa untuk segera mensosialisasikan himbauan ini pada warga setempat. Diharapkan partisipasi aktif seluruh warga untuk menjaga keselamatan dan kelancaran latihan militer ini dengan tidak menggunakan atau memainkan laser selama kegiatan penerbangan berlangsung.

Danlanal Banyuwangi juga menjelaskan bahwa Latgabma Super Garuda Shield merupakan latihan gabungan yang melibatkan berbagai negara, termasuk Indonesia dan Amerika Serikat, untuk meningkatkan kerja sama militer dan kesiapan dalam menghadapi berbagai ancaman. Latihan ini akan berlangsung di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di sekitar Banyuwangi.

Halaman Selanjutnya
img_title