Jam Operasional Pendakian TWA Gunung Ijen di Buka Lebih Awal

Aktifitas di sekitar Objek titik Blue Fire ( Api Biru ) Gunung Ijen
Sumber :
  • Moh. Hasbi/Viva Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi - Kabar gembira bagi wisatawan yang memiliki hobi mendaki di ketinggian Taman Wisata Alam Gunung Ijen kini di Buka lebih awal.

TWA Kawah Ijen Banyuwangi Ditutup Sampai Kapan? Cek Jadwalnya

Setelah sebelumnya di informasikan pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim merubah jam operasional buka pendakian tidak seperti biasanya, Hingga menuai banyak pihak yang berkomentar termasuk dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi. 

Tidak hanya itu saja dari pihak kepala Disbudpar Banyuwangi M Yanuar Bramuda melakukan koordinasi kepada pihak BBKSDA Jatim, bahkan sejak adanya diberlakukannya aturan yang dikeluarkan terkait pembukaan wisata naik ke ijen, tak jarang wisatawan yang berkunjung ingin melihat Blue fire, fenomena alam berupa api biru yang terdapat di kawah Ijen, telah menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang datang.

Spot Maut di TWA Kawah Ijen Banyuwangi Dipasangi Garis Polisi

"Saat ini, pendakian dibuka mulai pukul 04.00 WIB, namun kami sudah mengirim surat ke BKSDA agar disesuaikan kembali dengan jam buka awal spot wisatawan di blue fire.," kata Bramuda, Jumat (04/08/2023) kemarin.

Akhirnya, sudah terjawab Dalam Surat Edaran Kepala BBKSDA Jatim Nomor SE.247/K.2/BIDTEK.1/KSA/8/2023 tertulis jam pendakian Ijen dibuka lebih awal. Dari sebelumnya pukul 04.00 WIB menjadi pukul 02.00 WIB Jam Operasional buka pendakian berlangsung mulai pukul 02.00 WIB hingga 12.00 WIB .

Wisatawan Asal Cina Jatuh ke Jurang Sedalam 75 Meter di TWA Kawah Ijen Banyuwangi

Alasan mengapa adanya aturan tersebut lantaran adanya perubahan status aktivitas Gunung Ijen turun dari Waspada (Level II) menjadi normal (Level I). Perubahan status itu ditetapkan oleh Badan Geologi pada bulan Agustus lalu.

Meski dibuka lebih awal, pihak BBKSDA masih memberikan imbauan dan melarang pengunjung tidak mendekat dasar kawah yang merupakan tempat pengendalian sulfatara.

Halaman Selanjutnya
img_title