Pelaku Usaha Pariwisata di Banyuwangi Bisa Bernafas Lega, Ini Sebabnya?

Aturan baru Twa Gunung Ijen Bikin pelaku wisata bernafas legah
Sumber :
  • Moh. Hasbi/Viva Banyuwangi

Banyuwangi,VIVA Banyuwangi - Sejak diberlakukannya aturan Perubahan Jam operasional pendakian Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen beberapa bulan kemarin berdampak kepada para Pelaku Usaha pada sektor pariwisata (Agency) di Banyuwangi, Jawa Timur.

TWA Kawah Ijen Banyuwangi Ditutup Sampai Kapan? Cek Jadwalnya

Pemberlakuan aturan baru tersebut dikeluarkan Pemerintah melalui Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Jawa timur mengeluarkan ketetapan aturan pendakian wisatawan buka pada jam 04.00 WIB. SE terbaru dibuka jam 02.00 WIB dini hari.

Adanya aturan tersebut tidak hanya berdampak menurunnya jumlah wisatawan dan pengunjung lokal maupun Mancanegara, namun juga berdampak ke para pelaku wisata kehilangan tamunya yang sudah booking membatalkan lantaran ingin melihat Blue fire namun jam buka nya pukul 04.00 WIB.

Spot Maut di TWA Kawah Ijen Banyuwangi Dipasangi Garis Polisi

"Bagaimana pun, kita selaku pelaku usaha di bidang jasa pariwisata tetap mengikuti peraturan pemerintah. Meskipun banyak tamu kita yang membatalkan rata-rata ingin melihat Secara langsung Blue Fire (Api biru)," kata Samsuri pemilik jasa pariwisata ke Banyuwangi.viva.co.id, Minggu (13/08/2023).

Warga asal Kecamatan Licin yang akrab disapa Sam Kawah Ijen menceritakan apa yang dialaminya per bulan Januari kemarin hampir 50 persen tamunya membatalkan tidak jadi menggunakan jasa perjalanan untuk wisatawan.

Wisatawan Asal Cina Jatuh ke Jurang Sedalam 75 Meter di TWA Kawah Ijen Banyuwangi

"Mulai wisatawan lokal, dan Asing adanya peraturan yang dikeluarkan Mengenai jam buka pendakian ijen, alhamdulillah dengan Surat edaran yang baru dikeluarkan saya dan teman-teman pelaku wisata lainnya dapat bernafas legah," terang Sam.

Sedikit demi sedikit dalam bulan Agustus ini keluar Surat Edaran baru terkait perubahan jam operasional wisatawan dan tamunya kembali mengalami peningkatan. 

Halaman Selanjutnya
img_title