Taman Gandrung Terakota, Wisata Sejarah di Tenangnya Pedesaan

Kunjungan wisatawan ke Taman Gandrung Terakota
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Taman Gandrung Terakota terletak 18 kilometer jauhnya dari pusat Kota Banyuwangi, tepatnya di Dusun Krajan Desa Tamansari Kecamatan Licin Banyuwangi Jawa Timur. 

Pelaku Ekraf Banyuwangi Digelontori Kredit Iklan 15 Ribu USD?

Taman tersebut berisi seribu patung penari Gandrung yang terbuat dari gerabah atau terakota yang disebar di beberapa titik lokasi yang luasnya 4 hektar. 

Sebanyak 80 persen dari lahan tersebut merupakan sawah dan perkebunan produktif, sementara sisanya digunakan sebagai fasilitas edukasi kesenian khusus tentang gandrung.

Nikmati Keindahan Alam dari Camping Ground Kampung Durian Jember

Pengunjung yang dimanjakan dengan hijaunya hamparan sawah dan jernihnya air sungai dapat kian merasakan ketenangan karena lokasi wisata terletak jauh dari pemukiman warga. 

Selain menikmati suasana khas pedesaan, wisatawan yang berkunjung dapat mengupas Gandrung sedalam-dalamnya dengan fasilitas yang disediakan, mulai dari pemandu, patung, hingga penampilan tari, keseluruhan mengenai Gandrung. 

Naskah Kuno Banyuwangi Diusung jadi Ingatan Kolektif Nasional 2024

“Patung Gandrung dibuat dari tanah dan di tata di area sawah karena filosofi tarian Gandrung yang menyatu dengan tanah, itu sebabnya juga Penari Gandrung selalu menari di atas tanah tanpa alas kaki,” urai pemandu wisata pada Banyuwangi.viva.co.id.

Tak hanya belajar sejarah secara teori, wisatawan yang datang disuguhi langsung tarian Gandrung dengan beberapa sesi dan tema yang berbeda. 

Halaman Selanjutnya
img_title