Kuliner Penambah Stamina Hong Tele dan Ikon Kambing di Lumajang, ini Kaitannya

Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni resmikan Ikon Desa Petahunan
Sumber :
  • Dok.Pemkab Lumajang/ VIVA Banyuwangi

Lumajang, VIVA Banyuwangi –Sebagai daging yang sangat banyak manfaatnya, kuliner berbahan daging kambing sangat diminati warga karena diyakini bisa menambah stamina. Kabupaten Lumajang Jawa Timur, mengkereasikan kuliner Hong Tele sebagai kuliner andalan. Sebuah desa pun mencanangkan kambing sebagai ikon untuk menundukung kuliner tersebut.

HCCM Kabupaten Lumajang Kebut Pendampingan Sertifikat Halal Kepada Pelaku Usaha

Bertempat di Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang Jawa Timur, ikon kambing diresmikan Penjabat (Pj) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni. Jumat, 23 Februari 2024.

Kambing dijadikan ikon desa setempat karena warga Desa Petahunan banyak memelihara kambing untuk diternak.

Ratusan Masyarakat Wongsorejo Nobar Indonesia vs Guinea di Pinggir Jalur Jawa - Bali

Potensi desa yang menarik tersebut mendapatkan perhatian dari Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni yang langsung menetapkan kambing sebagai ikon Desa Petahunan.

“Terima kasih atas inisiatif Pemerintah Desa dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki Desa Petahunan dengan maksimal,” ujar, Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun)

Dua Pelabuhan di Situbondo Dijaga Ketat Polisi, Ada Apa?

Bukan hanya ikon kambing, warga Desa Petahunan juga menciptakan kreasi kuliner unik berbahan utama kambing yang diberi Hong Tele.

“Hong Tele, yang merupakan singkatan dari Pohong Sate dan Gule, merupakan kuliner khas Desa Petahunan yang menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya,” ungkap Yuyun.

Halaman Selanjutnya
img_title