Ritual Sakral Seblang Olehsari Dimulai, Jangan Sampai Terlewat

Penari Seblang Olehsari tengah menjalankan ritual
Sumber :
  • Dok. Disbudpar/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Ritual sakral Seblang Olehsari telah dimulai pada 15 April 2024 dan akan berlangsung selama 7 hari ke depan hingga 21 April 2024 di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi Jawa Timur. 

Bupati Imbau UMKM di Banyuwangi Konsisten Jaga Kehalalan Produk

Ritual kuno peninggalan leluhur Desa Olehsari tersebut telah menjadi agenda rutin tahunan yang digelar pada awal bulan Syawal dalam penanggalan Islam setiap tahunnya. 

Dalam ritual Seblang Olehsari, masyarakat disuguhi ritual sakral yang dilakukan secara turun temurun kepada anak cucu terpilih untuk menari dalam ritual bersih desa yang juga diyakini sebagai tolak bala oleh masyarakat Olehsari. 

352 Pedagang di Pasar Banyuwangi Harus Kosongkan Lapak Maksimal 7 Mei 2024

Penari Seblang yang tampil merupakan remaja putri yang telah dipilih secara supranatural dari keturunan para penari sebelumnya dan dalam ritual tersebut terdapat proses trance yaitu tubuh penari dimasuki energi spiritual leluhurnya.

Tahun ini, penari Seblang Olehsari merupakan penari di tahun sebelumnya yaitu Dwi Putri Ramadani yang saat ini menginjak usia 20 tahun.

Spot Maut di TWA Kawah Ijen Banyuwangi Dipasangi Garis Polisi

"Saya ikhlas ditunjuk menjadi penari Seblang. Karena ini merupakan petunjuk dari leluhur saya." ungkap Putri.

Saat musik di mainkan dan ia dituntun menuju aula tari, raga Putri yang dalam keadaan tidak sadar menari dengan lincah mengikuti irama musik tradisional khas Seblang Olehsari. 

Halaman Selanjutnya
img_title