Petani Menjerit Air dan Pupuk, Chandra Astan Berikan Solusi Inovatif

Chandra Astan Kunjungi Desa Sidowangi, Banyuwangi
Sumber :
  • Dovalent Vandeva Derico/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Chandra Astan, Caleg DPR RI Nomor 7 Dapil 3 dari Partai PDI Perjuangan, kembali turun mengumpulkan aspirasi masyarakat.

Kunjungannya kali ini menyasar ke warga Dusun Pancoran, Desa Sidowangi, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, pada Senin, 11 Desember 2023 malam.


Para petani di wilayah tersebut menjerit, pasalnya, akibat banyaknya lahan yang masih kurang mendapat pasokan pupuk, hasil pertanian menurun.

“Pak, hasil pertanian kami turun semua, karena pupuknya kurang, akhirnya yang kena pertaniannya atau hasilnya itu pak” ucap seorang warga kepada Chandra Astan.

Tak hanya itu, Desa Sidowangi terkenal dengan daerahnya yang tandus dan juga kering, sulitnya pasokan air juga menjadi permasalahan bagi masyarakat.

“Disini kering, tandus juga pak, karena disini kan kering, air juga lumayan sulit untuk pertanian, jadinya disini kita menanam yang menyesuaikan, seperti tembakau pak” imbuh Warga tersebut.

Para ibu rumah tangga juga turut andil menyampaikan aspirasi serta keluhannya, kesejahteraan di sektor ekonomi menjadi hal yang paling banyak diminta.

“Disini masih banyak yang belum dapat pekerjaan, dan juga masih ada yang kekurangan, mohon dibantu pak” tutur Sumiyati.

Mendegar keluhan yang dilontarkan, Chandra Astan lalu menceritakan terobosan inovatifnya yaitu pupuk organik yang sukses dijalankannya.

“Saya punya program pupuk organik, jadi disitu kita ngambilnya dari kotoran hewan lalu diolah dan dijadikan pupuk, itu saya menyediakan kambingnya, petaninya yang mengolahnya, dan alhamdulillah hasilnya bagus” tutur Kader PDIP itu kepada Masyarakat.


Pupuk organik besutan Caleg Nomor 7 tersebut, terbukti berhasil dikembangkan hingga memberikan manfaat bagi masyarakat terutama bagi para petani.


Tak hanya terfokus pada Kampung Jati Mandiri, namun Chandra Astan berencana akan terus memperluas program - programnya hingga dapat tersentuh dan mensejahterakan banyak masyarakat.

Chandra Astan Kunjungi Desa Sidowangi, Banyuwangi

Photo :
  • Dovalent Vandeva Derico/ VIVA Banyuwangi

“Jadi saya punya kampung binaan namanya Jati Mandiri, program - program saya jalankan disana, nanti saya harapannya bisa sampai ke masyarakat yang lebih luas lagi” jelas Calon DPR RI itu.

Tak luput juga, aspirasi yang disampaikan oleh ibu-ibu kepada Chandra juga turut direspon.

“Nanti akan saya bantu yaa ibu, semoga saya nanti bisa membantu lebih banyak orang lagi kedepannya, aspirasi yang emak-emak sampaikan disini, akan saya kumpulkan” ucap Caleg Nomor 7 itu.

Chandra mengucapkan banyak terima kasih atas antusias serta keluhan-keluhan yang dilontarkan oleh Masyarakat.