Danlanal Banyuwangi Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila, Ini Pesannya

Danlanal Banyuwangi memimpin upacara
Sumber :
  • Dok. Lanal/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz mengajak masyarakat Banyuwangi menjaga kerukunan dan keutuhan dalam bernegara. 

Hal tersebut disampaikan Hafidz ketika memimpin upacara Hari Lahir Pancasila pada Sabtu, 1 Juni 2024 di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi. 

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamanan nilai-nilai pancasila,” tegas Hafidz. 

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Danlanal Banyuwangi juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama merawat anugerah pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila

Untuk diketahui, dilansir dari situs Sekretariat Negara, peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 mengusung tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.

Tema tersebut mengandung tujuan bahwa Pancasila menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. 

Pemerintah juga mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.