Sekolah Berbayar Sampah di Bali, Inovasi Pendidikan dan Kepedulian Lingkungan

Pendaur-ulangan sampah menghasilkan sebuah maha karya
Sumber :
  • Dok. Komang Anik/VIVA Banyuwangi

Buleleng, VIVA Banyuwangi – Sekolah berkualitas tinggi seringkali diidentikkan dengan biaya yang mahal. Namun, di Desa Mengening, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali, ada sebuah sekolah yang menerapkan sistem pembayaran unik, yaitu dengan sampah. Inovasi ini dicetuskan oleh Komang Anik Sugiani untuk memberikan akses pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak di pedesaan sambil menanamkan kepedulian terhadap lingkungan.

"Agent of change merupakan pembelajaran gratis bagi anak pedesaan dengan menggunakan sampah," tutur Komang Anik.

Ia menjelaskan bahwa program ini memiliki dampak positif yang luar biasa, baik bagi anak-anak maupun lingkungan sekitar.

Pembelajaran peduli lingkungan sejak dini diyakini akan membentuk karakter anak yang lebih positif di masa depan.

"Selain belajar materi mereka juga teredukasi untuk pemilahan sampah. Hal ini sangat penting untuk generasi muda kita," kata Komang Anik.

Komang Anik menceritakan bahwa ide ini berawal dari keprihatinannya melihat masih banyaknya anak putus sekolah di desanya.

"Karena di desa kami masih banyak anak putus sekolah. Ini yang membuat kami membuat sebuah kegiatan dengan memberikan pembelajaran tambahan tentang manfaat sampah plastik," tambah Komang Anik.